Tips Agar Anak Mandiri Sejak Usia Dini

Setiap orang tua pasti bangga jika memiliki anak yang sudah bisa mandiri sejak usia dini. Kemandirian bisa diterapkan sedini mungkin bahkan sejak usia balita. Kemandirian adalah kemampuan melakukan sesuatu kegiatan secara sendiri. Anak mandiri sejak dini memiliki  rasa percaya diri yang baik dimanapun ia berada. Melatih kemandirian tidak diciptakan secara instan. Membutuhkan kesabaran yang ekstra dan proses didalamnya.

Berikut cara agar anak bisa mandiri sejak usia dini :

1. Menjadi model yang baik bagi anak
Pendidikan dimulai dari dalam keluarga, orang tua memiliki peran yang besar dalam membangun kemandirian pada anak. Anak cenderung berperilaku seperti spons, ia akan cenderung meniru apa yang ada disekelilingnya.

2. Memberikan tanggungjawab kepada anak
Hal yang bisa dilakukan secara sederhana misalnya ketika anak selesai bermain, ajarkan pada anak untuk membereskan mainan pada tempatnya. Jika kita lihat anak bisa melakukan sendiri maka berikan kesempatan anak untuk melakukannya.

3. Memberi kesempatan memilih
Orang tua perlu memberikan kesempatan anak untuk belajar menentukan pilihannya. Anak yang sudah terbiasa membuat keputusan sendiri akan cenderung tidak tergantung pada orang lain. Contohnya seperti memilih baju atau sepatu sendiri.

4. Memberikan dukungan
Jika anak sudah memperlihatkan kemauannya untuk mandiri, maka orang tua harus memberikan dukungan pada anak agar motivasinya tidak hilang.

5. Membina hubungan yang baik orang tua dan anak
Dengan adanya hubungan yang baik antara anak dengan orang tua akan membantu anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Orang tua harus selalu berusaha menambah pengalaman anak dan membiarkan anak memegang kendali  sehingga hal ini membutuhkan kerja sama yang baik antara orang tua dengan anak.

Related posts:

No response yet for "Tips Agar Anak Mandiri Sejak Usia Dini"

Post a Comment