Tips Atasi Cegukan Pada Bayi Saat Minum

Apakah bayi anda pernah mengalami cegukan saat minum dan hal ini membuat anda khawatir. Walaupun cegukan bukan indikasi dari penyakit yang serius namun hal ini juga dapat membahayakan bayi. Biasanya cegukan dapat mengakibatkan bayi menjadi muntah, batuk dan mudah rewel.

Cegukan atau hiccups terjadi akibat gerakan refleks dari tubuh yang disertai dengan suara, akibat terjadi perangsangan pada diafragma (sekat antara dada dan perut), lambung dan tenggorokan. Diafragma memilliki fungsi, menarik dan mendorong secara teratur dari masuk dan keluarnya udara selama proses respirasi.

Cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa cara untuk mengatasi agar cegukan tidak berlangsung lama, yaitu antara lain:

1. Mengubah posisi menyusui.
Jika bayi anda mengalami cegukan pada saat menyusui, maka ubahlah posisi bayi dengan baik dari sebelumnya. Karena posisi yang salah akan mengakibatkan terganggunya proses respirasi ketika menyusui.

2. Menenangkan bayi
Bayi biasanya terlalu bersemangat atau kurang tenang pada saat menyusui, yang dapat anda lakukan adalah dengan menggosok punggung bayi dengan lembut dan perlahan sehingga bayi merasa nyaman dan tenang.

3. Memilih botol susu yang tepat
Jika bayi anda menyusui dengan menggunakan botol susu, maka pilihlah botol dengan dot yang memiliki lubang kecil sehingga ada ritme ketika menyusui. Dot dengan lubang yang besar membuat bayi cenderung tidak dapat mengatur ritme ketika minum susu.

4. Menghentikan proses menyusui
Jika cara tersebut sudah anda lakukan namun bayi tetap mengalami cegukan pada saat menyusui, maka hentikan dulu proses menyusui. Letakkan bayi menghadap pada anda dan tepuk-tepuk secara perlahan pada bagian punggung sehingga udara dapat terdorong.

Related posts:

No response yet for "Tips Atasi Cegukan Pada Bayi Saat Minum"

Post a Comment