Tips Cara Mengeluarkan Ingus Pada Bayi

Tips Cara Mengeluarkan Ingus Pada Bayi
Jika orang dewasa mengalami flu atau pilek tentu tidak ada rasa kekhawatiran tersendiri. Namun bagaimana jika flu dialami oleh bayi yang baru lahir, tentu sebagai seorang ibu merasa sangat cemas dan khawatir. Hal ini bukan tanpa sebab, flu biasanya disertai dengan munculnya lendir pada hidung bayi. Jika sudah demikian lendir akan menutup saluran pernafasan hidung pada bayi sehingga bayi sulit bernafas.

Namun bunda tidak perlu cemas. Berikut akan dibagikan tips sederhana mengeluarkan ingus pada hidung bayi secara aman:

1. Menggunakan penyedot ingus atau yang biasa disebut dengan nasal aspirator untuk bayi. 
Alat ini berbentuk seperti pipet yang dibawahnya terdapat karet berbentuk gelembung yang berguna untuk menyedot ingus. Sebelum pipet dimasukkan pada hidung bayi cuci tangan bunda terlebih dahulu. Setelah itu pipet disterilkan dengan menggunakan air panas sekitar 3 menit namun jangan sampai mengenai karet pipet. Jika sudah sterilkan kembali dengan alkohol berkadar 70%. Masukkan pipet pada hidung bayi secara perlahan-lahan dengan menekan karet pipet secara halus. Jika ingus sudah tersedot lepas pipet dengan lembut agar tidak menimbulkan iritasi pada bayi.

2. Meneteskan cairan yang mengandung NaCl fisiologis 0,9%. Cairan ini dapat dibeli di apotik. 
Kegunaan cairan ini membantu mengencerkan ingus sehingga saluran pernapasan hidung bayi tidak tersumbat. Caranya teteskan cairan NaCl secara perlahan pada hidung bayi dan pastikan bayi sedang dalam keadaan tenang.

3. Menggunakan minyak kayu putih dengan cara nebulizer atau penguapan.
Caranya teteskan minyak kayu putih pada mangkuk yang telah berisi air panas letakkan disudut ruangan kamar bayi. Uap tersebut membantu menghangatkan bayi sehingga hidung tidak tersumbat.

Related posts:

No response yet for "Tips Cara Mengeluarkan Ingus Pada Bayi"

Post a Comment