Tips Melatih Konsentrasi Pada Anak ADHD

Tips Melatih Konsentrasi Pada Anak ADHD - exnim
Apa yang anda ketahui tentang ADHD, jika anda merupakan salah satu dari sekian orang tua yang memiliki anak ADHD tentu anda sangat paham betul. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah gangguan perkembangan pada peningkatan aktivitas motorik anak yang mengakibatkan anak memiliki aktivitas yang sangat banyak. Biasanya ditandai dengan masalah belajar, masalah perilaku, perasaan gelisah, tidak bisa diam, tidak bisa duduk dengan tenang dan suka membuat keributan.

ADHD atau yang biasa disebut dengan Gangguan Pemusatan Perhatian/Hiperaktif (GPPH) atau Gangguan Hiperkinetik disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor genetik, struktur anatomi otak, dan faktor neurokimiawi otak.  Gangguan yang sebagian besar dialami anak ADHD adalah sulit berkonsentrasi dalam keadaan apapun. Untuk membantu orang tua yang memiliki anak ADHD, kami coba memberikan beberapa tips untuk melatih konsentrasi anak ADHD yaitu:

1. Relaksasi dan pencitraan positif
Dari namanya pasti terdapat teknik relaksasi yang dibantu dengan membayangkan sesuatu hal yang positif untuk membantu otak mempelajari ketrampilan baru. Sebagai contoh anak diminta untuk membayangkan suasana belajar dengan duduk kursi secara tenang.

2. Berlari didalam ruangan
Tujuan kegiatan ini dilakukan agar anak dapat mengontrol tubuh dengan baik dan melatih perhatian mereka untuk berkonsentrasi terhadap aba-aba yang diberikan. Contoh anak diminta untuk membentuk lingkaran, orang tua memberikan aba-aba dengan memakai gendang atau rebana sebagai isyarat untuk menghentikan gerakan pada anak ADHD dan meminta anak untuk tengkurap.

3. Permainan koin
Dimana tujuan kegiatan ini untuk melatih daya konsentrasi pada anak dan melihat kemajuannya dengan berorientasi pada kecepatan anak dalam menyelesaikan tugas. Contoh uang logam ditumpuk dengan selembar kertas karton, kertas ini berfungsi untuk menutupi uang logam. Anak diminta untuk menyusun uang logam berdasarkan nominal terkecil hingga paling besar. Orang tua menggunakan stopwatch ketika anak sedang menyelesaikan tugas, gunanya untuk melihat kecepatan anak dalam menyelesaikan tugas.

Tips tersebut walaupun terlihat mudah namun bagi anak ADHD sangat sulit untuk melakukannya, jadi diperlukan kesabaran dan kasih sayang yang ekstra agar anak merasa nyaman untuk melatih konsentrasi mereka.

Related posts:

No response yet for "Tips Melatih Konsentrasi Pada Anak ADHD"

Post a Comment