Tips Memilih Laptop Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Laptop adalah sebuah perangkat komputer yang memiliki mobilitas tinggi. Berbeda dengan komputer desktop, laptop dapat dibawa kemana-mana baik untuk keperluan pekerjaan maupun aktivitas pendidikan. Ukuran laptop pun berbeda-beda, bagi Anda yang enggan membawa terlalu berat, Anda dapat memilih laptop yang berukuran lebih kecil atau notebook.

Sobat eXnim, kali ini kita akan berbagi tips cara untuk memilih laptop yang tepat. Ingat, barang berharga mahal itu tidak selalu memenuhi espektasi Anda ketika Anda sudah terlanjur membelinya, makanya perlu dilakukan sejumlah analisa yang merujuk pada tingkat kebutuhan komputerisasi dan budget yang Anda punya sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Berikut beberapa tips untuk memilih laptop guna menemukan tipe laptop yang benar-benar tepat untuk Anda.

Beli laptop baru
Tidak jadi masalah apabila Anda memutuskan untuk membeli laptop second hand, namun amat disarankan bagi Anda untuk membeli laptop baru, karena laptop dalam keadaan sudah terpakai kemungkinan besar sudah memiliki sejumlah kelemahan, misalkan baterai, daya tahan hardware, dsb.

Sesuaikan dengan kebutuhan
Seperti yang sudah disinggung diatas, ketika Anda ingin membeli laptop, maka berpikirlah sejenak, laptop tersebut akan Anda gunakan untuk apa? apakah untuk bekerja, bermain game, atau untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik.

Jika untuk membuka aplikasi-aplikasi yang berat, seperti game, maka idealnya Anda harus memili laptop dengan spesifikasi tingkat atas, mulai RAM, speed processor, dan juga VGA.

Pilihlah merek yang sudah teruji
Minat masyarakat terhadap gadget yang satu ini memicu sekian banyak perusahaan untuk memproduksi laptop, dan dalam hal ini Anda sebaiknya lebih memfokuskan diri pada brand yang sudah terpecaya (punya reputasi).

Sebakinya jangan membeli laptop dari brand yang belum teruji untuk menghindarkan Anda dari kerugian dikemudian hari akibat pabrikasi atau daya tahan hardware yang mungkin kurang/tidak bagus.

Tentukan kapasitas baterai
Jika Anda memiliki mobilitas tinggi, maka sebaiknya Anda memilih laptop dengan kapasitas baterai yang dapat diandalkan. Daya tampung baterai rendah dan Anda sering menggunakan laptop diluar rumah tentunya hanya akan menyulitkan Anda, kecuali Anda sudah menyiapkan power bank.

Kapasitas RAM
Usahakan membeli laptop dengan kapasitas RAM 2 GB keatas. RAM adalah salah satu komponen utama penentu kecepatan proses komputer. Jika Anda menggunakan RAM dibawah 2 GB sementara disisi lain banyak aplikasi yang Anda buka ketika menyalakan laptop, maka kinerja laptop akan sangat mengganggu (lemot.)

Baca juga:
Kecepatan Processor
Selain memilih RAM berkapasitas besar, Anda juga harus memilih tipe processor yang berkualitas serta memiliki kecepatan tinggi. Setidaknya, Anda harus memilih laptop yang sudah dibekali processor berkecepatan 1.6 Ghz keatas.

Kualitas Display
Jangan hanya terpaku pada desain luar. Pastikan layar laptop yang akan Anda pilih berkualitas bagus. Sebagian laptop murah yang ada dipasar saat ini memiliki kualitas display yang buruk sehingga gambar yang ada di laptop tidak bisa dilihat secara sempurna.

Related posts:

No response yet for "Tips Memilih Laptop Berkualitas Sesuai Kebutuhan"

Post a Comment