Tips Meminimalkan Kesulitan Belajar Pada Anak Autis

Anak autis - exnim
Anak autis - Img: teachchildrenmeditation
Anugerah terindah dalam hidup adalah ketika Tuhan menitipkan seorang anak pada diri kita. Namun sebagian besar orang tua mungkin akan menganggap ia merupakan sebuah musibah jika mendapati anaknya menderita Autis.

Autis adalah gangguan perkembangan pada anak dimana anak akan mengalami keterlambatan dalam masa tumbuh-kembangnya. Untuk mendeteksinya sangat beragam bisa terdeteksi pada usia 6 bulan hingga anak berusia 3 tahun.

Biasanya, ciri-ciri anak autis antara lain adalah adanya keterlambatan dalam berbicara sehingga mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, perkembangan motorik yang tidak terlalu baik, perilaku emosi yang berbeda dibandingkan anak seumurannya.

Adanya keterlambatan tersebut menyebabkan munculnya permasalahan yang tumbuh pada diri anak, misalkan dalam hal belajar.

Sebagai orang tua yang baik harus tahu bagaimana cara penanganan belajar pada anak autis. Jika orang tua memiliki ekonomi yang baik tentu dapat memberikan fasilitas dan penanganan secara maksimal pada anak. Namun bagaimana dengan orang tua yang tidak mampu tentu hal ini menambah permasalahan baru bagi orang tua.

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan para orang tua:

  • Alangkah baiknya sebelum memilih sekolah, orang tua membangun komunikasi yang kuat pada diri anak sehingga mampu meminimalkan kesulitan dalam berkomunikasi. Hal yang bisa diajarkan secara sederhana adalah memberikan contoh kata per kata yang sederhana pada anak. Alangkah baiknya jika disertai secara visual seperti buku cerita. Usahakan kosakata yang dimiliki anak semakin bertambah setiap bulannya. 
  • Membangun perilaku positif pada anak seperti menciptakan rasa kemandiriannya. Dapat diajarkan pada anak cara melepas kancing bajunya walaupun ini bukan perkara yang mudah.
  • Dalam pemilihan sekolah sebaiknya sangat berhati-hati, alangkah baiknya sekolah yang dipilih adalah sekolah khusus yang menangani anak autis. Karena program yang diberikan biasanya lebih mengutamakan kemampuan berkomunikasi dan sosialisasi.
  • Hal yang tidak kalah penting adalah kesabaran. Orang tua atau para guru disekolah harus memiliki kesabaran yang luar biasa. Karena pengajaran yang salah mampu mempengaruhi aspek emosi pada anak autis.

Tips dasar tersebut bertujuan untuk membantu para orang tua menjadi orang tua yang cerdas dan bijak. Tidak ada salahnya bukan untuk berusaha menjadi orang tua cerdas.

Related posts:

No response yet for "Tips Meminimalkan Kesulitan Belajar Pada Anak Autis"

Post a Comment