Tips Menangani Belajar Pada Anak Tipe Kinestetik

Anak Kinestetik
Setiap anak memiliki keunikan yang berbeda-beda, termasuk juga gaya belajar pada anak. Gaya belajar anak dibedakan menjadi auditori, visual dan kinestetik.  Penelitian pada tahun 2008 di Rockville, Maryland, Amerika Serikat dari 5.300 siswa, kelas 5 hingga 12, menyebutkan bahwa 37% siswa cenderung memiliki gaya kinestik, sedangkan 34 siswa memiliki gaya belajar auditorial dan 29% siswa memiliki gaya belajar visual .

Anak yang memiliki gaya belajar kinestetik sering dianggap sebagai anak ADHD (attention deficit hyperactivity disorder). Kinestetik adalah gaya belajar yang lebih menekankan pada gerakan, menyentuh dan melakukan. Tipe kinestetik memiliki ciri-ciri yaitu berbicara pelan, suka menyentuh, merasakan, memegang sesuatu, menyukai kegiatan yang melibatkan gerakan, lebih menyukai dengan menunjukkan daripada menjelaskan sesuatu dan memiliki rentang perhatian yang pendek.

Jika materi pembelajaran yang diberikan hanya membaca, menulis dan mendengarkan tentu akan membuat anak tipe kinestetik mudah stress. Berikut tips yang bisa membantu:

1. Jangan memaksakan
Jangan pernah memaksakan anak untuk belajar berjam-jam tanpa istirahat. Karena hal ini hanya membuat anak lelah sehingga timbul ketidaksukaan akan belajar.

2. Berikan alat peraga
Pada tipe kinestik anak lebih suka menyentuh, maka anda bisa menggunakan seperti kelereng untuk berhitung atau mengenal huruf dengan puzzle huruf

3. Mengajak eksplorasi lingkungan
Dapat dilakukan seperti pergi ke laut dengan membangun istana pasir, mengamati kerang, kepiting kecil dan menulis dipasir.

4. Buat suasana belajar seperti bermain
Usahakan suasana yang diberikan pada tipe kinestetik ini seperti bermain sehingga anak akan lebih mudah menangkap dan tidak mudah bosan.

Jadi jangan cepat menyimpulkan anak anda ADHD ya, karena bisa jadi anak anda salah satu gaya tipe kinestetik. Selamat mencoba tips tersebut.

Related posts:

No response yet for "Tips Menangani Belajar Pada Anak Tipe Kinestetik"

Post a Comment