Tips Mengatasi Jerawat di Punggung

Tips Mengatasi Jerawat di Punggung - Exnim
Selain diwajah, jerawat juga timbul di area tubuh yang lain seperti dada, lengan dan punggung. Jerawat punggung (back acne) sebenarnya bukan masalah yang besar, namun menjadi masalah jika jerawat meradang. Jerawat yang meradang akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri dibagian punggung.

Jerawat di punggung biasanya disebabkan karena pori-pori kulit mengalami penyumbatan minyak dan kotoran, sehingga jika bakteri ikut masuk maka dapat menimbulkan jerawat. Beberapa tips untuk menangani jerawat di punggung yang dapat Anda praktekkan, antara lain:

1. Keringat
Jika anda mengeluarkan keringat secara berlebih sebaiknya anda segera mengganti baju anda atau mandi. Kulit yang lembap akan memicu timbulnya jerawat pada punggung.

2. Bahan Baju
Jangan memilih baju yang terlalu ketat dan berbahan lycra dan polyester. Dua jenis bahan ini tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Disarankan untuk memilih baju yang longgar dengan bahan katun dan linen, dimana bahan ini memiliki daya serap yang baik ketika tubuh mengeluarkan keringat.

3. Kondisioner rambut
Kondisioner pada rambut mengandung bahan silikon, silikon ini berguna agar rambut lebih berkilau. Namun jika silikon mengenai kulit tubuh dapat memicu munculnya jerawat.

4. Hindari tas ransel
Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan tas ransel. Hal ini dikarenakan ketika punggung mengeluarkan keringat, keringat yang muncul tidak akan cepat kering. Jika tidak kering punggung akan lembap dan jerawat dapat muncul.

5. Pewangi Pakaian
Orang yang memiliki kulit cenderung sensitif, kebanyakan mereka tidak cocok dengan bahan yang terkandung dalam produk pewangi pakaian. Hindari menggunakan pewangi saat mencuci baju. Namun dibeberapa orang dengan kulit sangat sensitif biasanya mereka tidak cocok dengan kandungan yang ada pada detergen. Jika ini terjadi gunakan detergen cair dengan kandungan yang lembut saat mencuci pakaian.

Related posts:

No response yet for "Tips Mengatasi Jerawat di Punggung"

Post a Comment