Tips Mengurangi Cemas Pada Pasien Pra Operasi

Tips Mengurangi Cemas Pada Pasien Pra Operasi
Img:  shutterstock.com
Kecemasan merupakan suatu ketegangan, rasa tidak aman, kekhawatiran yang timbul karena dirasakan akan mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Ketika seseorang harus menjalani operasi untuk kesembuhannya, timbul rasa kecemasan dalam diri seseorang. Hal ini dikarenakan, operasi sering kali dianggap sebagai tindakan yang memiliki resiko yang besar pada tubuh sehingga wajar jika timbul rasa cemas pada diri seseorang.

Seseorang yang akan menjalani operasi tidak boleh memiliki kecemasan yang tinggi karena akan menimbulkan dampak besar seperti  waktu penyembuhan akan semakin lama, mempengaruhi ketika operasi berlangsung hingga mengakibatkan kematian. Berikut tips agar rasa cemas berkurang menjelang operasi:

1. Informasi
Carilah informasi yang detil dan jelas pada dokter yang akan menangani operasi anda. Jika anda mendapatkan informasi yang lengkap seperti tindakan yang akan dilakukan saat operasi hingga dampak kemungkinan yang akan anda alami setelah operasi, anda akan merasa nyaman sehingga kecemasan dapat berkurang

2. Dukungan 
Carilah dukungan pada orang-orang sekitar anda seperti orang tua, kakak, sahabat atau saudara. Dukungan akan membantu menenangkan pada anda menjelang operasi sehingga kecemasan berkurang.

3. Reputasi rumah sakit
Sebelum melakukan operasi, disarankan anda harus mencari nama-nama rumah sakit yang memiliki reputasi yang bagus. Seperti apakah rumah sakit yang anda pilih pernah gagal dalam operasi dengan diagnosa yang sama pada diri anda. Hal ini, mampu mengurangi kekhawatiran yang timbul menjelang operasi.

4. Pilih rumah sakit dengan pelayanan yang baik.
Tahukah anda, bahwa pelayanan perawat yang ramah, sopan, berempati dan memiliki pengetahuan yang baik pada perawat sangat berdampak besar terhadap seseorang yang akan menjalani operasi.

Related posts:

No response yet for "Tips Mengurangi Cemas Pada Pasien Pra Operasi"

Post a Comment