Cara Memperbaiki Handphone Kemasukan Air

Setiap barang elektro harus dihindarkan dari kemungkinan terendam air, begitu juga dengan handphone. Satu diantara sekian banyak pemiu kerusakan pada handphone adalah air. Jika handphone Anda kemasukan air apalagi terendam dalam waktu yang cukup lama, maka besar kemungkinan handphone tersebut akan mengalami kerusakan.

Sebelumnya saya sudah share cara mengatasi handphone hang, dan tips membeli handphone bekas. Kali ini saya akan berbagi tips untuk mengatasi handphone yang terlanjur kemasukan air. Tips yang akan saya bagikan dibawah ini tidak selalu memberikan solusi karena bergantung pada tingkat kerusakan handphone Anda usai terendam air.

Handphone yang terendam air biasanya akan memperlihatkan beberapa gejala kerusakan, mulai keypad tidak berfungsi secara normal, terdapat salah satu menu yang tidak bisa digunakan, tidak bisa dihidupkan dan sejumlah permasalahan lainnya. Jika Anda mendapati handphone Anda kemasukan air, segera lakukan beberapa hal berikut ini.

  • Cabut baterai handphone Anda. Hal ini sangat penting untuk menghindari konslet pada komponen hardware handphone.
  • Lepas memory card beserta SIM Card. Selain melepas baterai, pastikan Anda juga melepas kartu sim dari slotnya.
  • Buka casing dan body handphone Anda untuk melakukan pembersihan dan pengeringan. Jika Anda punya obeng untuk membuka body handphone, silakan buka dan bersihkan semua komponen hardware hingga benar-benar bersih.
  • Jemur handphone Anda selama beberapa jam. Jemurlah handphone Anda sampai benar-benar kering. Anda bisa menjemurnya -/+ 3 jam. Pastikan handphone tersebut benar-benar sudah kering sebelum Anda memasangkan kembali baterainya.
  • Coba hidupkan handphone. Setelah Anda meyakini handphone Anda sudah kering, silakan pasang kembali baterainya. Biarkan handphone tanpa kartu sim, dan kartu memori pada saat mencoba menghidupkannya.
Jika handphone mengalami konslet yang cukup parah akibat kemasukan air, biasanya handphone tersebut akan kembali normal usai Anda melakukan langkah-langkah penyelamatan sebagaimana dijelaskan diatas. Dan apabila setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas handphone masih tidak bisa dihidupkan, itu berarti kemungkinan besar ada kerusakan yang cukup fatal pada salah satu atau beberapa komponen hardware. Silakan lepas kembali baterainya, dan jemur lagi handphone beserta baterainya. Setelah Anda jemur selama beberapa jam, silakan coba kembali pasangkan.

Related posts:

No response yet for "Cara Memperbaiki Handphone Kemasukan Air"

Post a Comment