Hari ini Asteroid Akan Melintas Sangat Dekat Dengan Bumi

Asteroid
Badan antariksa Amerika, NASA menyampaikan bahwa pada hari ini (Ahad, 07/09/2014) sebuah asteroid seukuran ikan paus akan melintas dan memiliki kedekatan yang sangat dekat dengan bumi.

NASA melaporkan, pada saat pendekatan terdekat terjadi, asteroid 2014 RC akan sedekat sepersepuluh jarak dari pusat bumi ke bulan, yaitu sekitar 40.000 kilometer.

Dikutip dari sebuah sumber, warta ini mencuat hanya beberapa hari setelah Fisikawan Brian Cox membuat pernyataan kepada MailOnline, ia berucap dunia tidak siap untuk menghadapi ancaman asteroid, yang suatu hari nanti mungkin dapat menghapus keberadaan umat manusia.

Astronom memperkirakan, asteroid 2014 RC memiliki ukuran sekitar 20 meter. Pada titik terdekat dengan bumi benda ini akan berada diatas New Zealand pada tanggal 7 September 2114 diantara jam 20:18 (BST) atau hari Senin pukul 2:18 WIB.

Sebagai informasi, Asteroid adalah benda yang memiliki dimensi lebih kecil daripada planet, namun lebih besar daripada meteoroid. Ukuran asteroid yang lebih kecil membuatnya disebut sebagai planet minor atau planetoid pada masa silam.

Related posts:

No response yet for "Hari ini Asteroid Akan Melintas Sangat Dekat Dengan Bumi"

Post a Comment