Tips Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas
Membeli barang apapun dalam bentuk bekas atau second hand membutuhkan kejelihan agar nantinya Anda tidak merugi, terlebih lagi jika barang tersebut berupa mobil yang tentunya harganya tidaklah murah. Anda bisa saja merugi puluhan hingga ratusan juta jika membeli mobil bekas tanpa memperhatikan hal-hal yang dirasa perlu.

Untuk membantu Anda membeli mobil bekas yang layak serta sebanding dengan jumlah uang yang Anda keluarkan, berikut ini beberapa tips dalam membeli mobil bekas yang perlu Anda perhatikan.

Melakukan pemeriksaan secara seksama terhadap fisik kendaraan
Periksalah kondisi mobil yang akan Anda beli secara menyeluruh. Pastikan Anda tidak sertamerta tergoda dengan bagian luar mobil saja. Cek dan perhatikan kondisi mesin mobil apakah masih bagus atau sebaliknya.

Nayalakan dan kendarai mobil 
Untuk memastikan kondisi mobil masih bagus, silakan bawa mobil berkeliling hingga beberapa KM. Parhatikan kondisi mesin mobil, dan pastikan tidak ada kaki-kaki yang bunyi. Mobil yang sudah berusia biasanya akan terdapat celah pada bagian fisik, jadi Anda harus lebih teliti dalam melakukan pemeriksaan.

Periksa KM mobil
Memeriksa KM mobil sangat penting untuk mengukur seberapa baik kondisi mobil tersebut. Harap dicatat, KM mobil dapat diakali, jadi apabila Anda kurang pengalaman tentang mobil sebaiknya Anda mengajak seseorang yang mengerti mobil.

Memilih mobil dari produsen terkenal
Jika Anda berencana untuk menjual kembali mobil tersebut dimasa mendatang, maka sebaiknya Anda membeli mobil dari produsen kenamaan agar harga jual baliknya nanti masih tinggi. Anda dapat memilih mobil buatan Jepang, misalkan Toyota atau Honda dimana kedua pabrikan ini merupakan pabrikan mobil terpopuler di Indonesia.

Pastikan harga mobil sesuai pasaran
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, terlebih dahulu Anda harus mengerti berapa pasaran harga mobil tersebut. Anda bisa saja mencari referensi dari berbagai sumber, misalkan di internet.

Pastikan dokumen/surat-surat mobil masih lengkap
Ini adalah salah satu hal terpenting dalam membeli mobil bekas. Jika Anda merasa ragu, tidak ada salahnya Anda ajak tuan mobil untuk melakukan pemeriksaan kendaraan di Samsat guna memastikan tidak ada masalah dengan mobil tersebut.

Related posts:

No response yet for "Tips Membeli Mobil Bekas"

Post a Comment