Ini Tahapan Tes Jadi Pramugari

Ini Tahapan Tes Jadi Pramugari
Bagi Anda yang sedang mencari info/referensi tahapan tes apa saja pada proses rekrutmen pramugari, tahapan tes yang akan dilalui oleh calon pramugari meliputi tes fisik, tes penampilan, tes psikotes hingga pantuhir.

Berikut ini gambaran/penjelasan ringkas berbagai tahapan tes dalam seleksi calon pramugari yang dapat Anda pelajari dalam upaya untuk mempersiapkan diri secara matang agar berhasil lolos dari semua tahapan tes.

TES FISIK

Ini merupakan tahapan tes paling awal dalam proses seleksi pramugari. Pada fase tes fisik ini akan dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan. Tinggi dan berat badan harus proporsional dengan minimal ketinggian tubuh adalah 160 cm.

TES PENAMPILAN

Meskipun pramugari notabene bukan model, namun proses seleksi penampilan termasuk salah satu tahapan test yang sangat menentukan. Pada sesi tes penampilan ini Anda akan diminta untuk memperkenalkan diri dan sebagian besar maskapai mengharuskan para peserta tes bertutur kata dalam bahasa Inggris.

TES PSIKOTES

Tes psikotes harus mendapat nilai baik, karena ini salah satu barometer tingkat kemungkinan Anda diterima atau sebaliknya. Jika Anda sudah lolos dari dua tahapan tes sebelumnya, yaitu tes fisik dan tes penampilan, sebakinya Anda melakukan persiapan matang menjelang tes psikotes agar bisa menjawab semua soal yang diberikan.

Materi tes psikotes, meliputi :

- Hitung koran
- Tes gambar
- Tes bahasa Inggris (grammar), dll.

TES WAWANCARA 

Tes wawancara ada dua macam, yaitu wawancara user dan wawancara kompetensi.

Tes Wawancara User:

Materi tes wawancara user biasanya mencakup beberapa hal, seperti pengetahuan Anda tentang maskapai penerbangan tempat Anda melamar jadi pramugari, apa yang mendasari Anda ingin menjadi seorang pramugari, dan sejumlah pertanyaan terkait lainnya, seperti nama-nama bandara, perbedaan waktu antar bandara, dll.

Tes Wawancara Kompetensi:

Materi pertanyaan pada tes wawancara kompetensi ini meliputi siapa Anda,  punya kemampuan apa, apakah punya pengalaman bekerja atau tidak, dan sejumlah pertanyaan terkait lainnya. Anda harus berusaha menjawab semua pertanyaan dengan tenang dan tidak terkesan mengada-ngada. Orang yang memawancarai Anda pada sesi ini adalah seorang psikolog, jadi tentunya yang bersangkutan punya kepekaan untuk membaca ketulusan Anda.

TES KESEHATAN

Jika Anda berhasil melangkah hingga tahapan tes kesehatan, maka peluang Anda untuk diterima semakin besar. Jika selama ini Anda tidak merasa mengidap penyakit yang sifatnya berbahaya, maka Anda bisa yakin diri akan lolos pada tes kesehatan. Adapun tes kesehatan ini meliputi:

- Tes jatung/ECG
- Tes darah (kadar kolesterol tinggi berpotensi memberi masalah)
- Tes air kencing/urine
- Cek paru-paru (rontgen)
- Cek pernafasan/spirometri
- Cek kondisi kesehatan gigi
- Tes pendengaran/audiometri
- Cek fisik

TES ASKAM (ASPEK KEAMANAN)

Pada tahapan tes ASKAM ini pihak maskapai akan melakukan pengecekan secara seksama dan menyeluruh terhadap data-data Anda, seperti ijazah, surat keterangan izin dari orangtua, SKCK, dan sejumlah dokumen pribadi Anda lainnya.

TES AKHIR (PANTUHIR)

Pada fase ini Anda akan dihadapkan dengan orang penting maskapai. Anda harus bisa terlihat tenang, ramah, dan bisa menunjukkan sikap percaya diri yang tidak berlebihan. Pada tahap ini biasanya calon pramugari hanya akan ditanya soal motivasi, komitmen sebagai seorang pramugari, dan beberapa pertanyaan terkait lainnya. Yang terpenting Anda harus terlihat tenang supaya bisa berkomunikasi dengan baik.

Nb: Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman salah seorang peserta tes rekrutmen pramugari baru Garuda Indonesia.

Demikian, semoga bermanfaat.

Related posts:

1 Responses for "Ini Tahapan Tes Jadi Pramugari"

  1. Mba mau tanya dong, hitungan koran itu maksudnya apaa ya mba. Thanks

    ReplyDelete