Pemerintahan Jokowi-JK Bakal Goyah

Jokowi-JK
Pemerintahan Jokowi-JK kemungkinan akan goyah mengingat partai pengusung presiden dan wakil presiden RI ke-7 ini gagal total dalam parlemen. Koalisi Indonesia Hebat yang dinahkodai PDIP gagal mendapat tempat sebagaimana mestinya di parlemen.

Indonesia adalah sebuah negara dengan sitem pemerintahan yang amat bergantung dengan kekuatan parlemen, meskipun bukan menganut sistem parlementer mutlak. Jokowi-JK seharusnya mendapat support yang cukup dari parlemen agar pemerintahannya kelak bisa berjalan dengan stabil, dan hal tersebut tidak mungkin terjadi mengingat koalisi Merah-Putih lah yang menguasai parlemen.

Kalah dalam perebutan kursi DPR memberi dampak yang sangat signifikan pada proses pemerintahan Jokowi-JK. Koalisi Merah-Putih yang dipimpin oleh partai Gerindra berhasil bertengger di parlemen.

Tidak cukup di DPR, koalisi Indonesia Hebat juga harus takluk pada perebutan ketua MPR. Dengan kondisi ini stabilitas pemerintahan Jokowi-JK akan sulit terwujud. Jokowi kemungkinan besar akan kesulitan untuk melakukan tindakan-tindakan politis yang berhubungan dengan program pemerintahan.

Related posts:

No response yet for "Pemerintahan Jokowi-JK Bakal Goyah"

Post a Comment