Perbedaan Virus dan Spyware

Definisi Virus dan Spyware
Perbedaan utama antara spyware dan virus adalah bagaimana kedua benih racun ini menyebar. Virus mereproduksi dirinya sendiri dengan cara menempel pada suatu dokumen, sedangkan spyware bisa menyusup sebagai cookie dan juga kode pelacakan. Virus sering kali ditemukan dengan menghinggapi suatu file atau dokumen, seperti gambar, dokumen word, exel atau file musik.

Jika dikaitkan dengan email, perlu untuk membuka lampiran tertentu terlebih dulu untuk membuat lampiran tersebut terinfeksi. Beberapa virus yang paling berbahaya tidak sedikit darinya yang menyamar sebagai perangkat lunak sejenis antivirus yang membuat mereka sangat sulit untuk dideteksi. Karena itu, penting untuk anda ketahui struktur kinerja program antivirus. Virus yang aktif dapat mencuri informasi pribadi, menghasilkan iklan atau mematikan sistem anda, termasuk program perlindungan, yakni antivirus.

Spyware menginstal dirinya secara otomatis dengan adanya script/kode perintah yag telah dibuat oleh pencipta spyware itu sendiri. Spyware masuk ke suatu komputer melalui berbagai cara, namun pada kebanyakan kasus adalah dengan memanfaatkan pop-up, menyusup pada perangkat lunak tertentu, seperti aplikasi, game, dan lain sebagainya.
Setelah ia sukses menyelinap masuk kedalam suatu komputer, maka ia akan memulai aktifitasnya. Jika anda kurang memperhatikan, maka dalam kurun waktu tertentu anda akan berpikir tidak ada yang salah dengan komputer anda, sementara aktifitas anda sedang dipantau oleh spyware tersebut.

Related posts:

No response yet for "Perbedaan Virus dan Spyware"

Post a Comment