Sejarah Berdirinya Jejaring Sosial Facebook

Facebook pertama kali didirikan pada tahun 2004 silam oleh salah satu mahasiswa Harvard, Mark Zuckerberg, tepatnya pada tanggal 4 bulan Februari. Pada awalnya, tujuan didirikannya Facebook adalah untuk menjembatani mahasiswa Harvard agar bisa saling berbagi melalui media online Facebook tersebut. Facebook ternyata menarik minat banyak mahasiswa, buktinya hanya selang dua minggu dibuatnya Facebook sebagian besar mahasiswa Harvard sudah mulai membuat akun di Facebook.

Daya tarik Facebook terus meningkat, Facebook selanjutnya tidak hanya familiar dikalangan mahasiswa Harvard saja. Terdapat beberapa kampus lain disekitar Harvard yang meminta untuk dimasukkan kedalam jaringan Facebook. Zuckerberg akhirnya meminta dua temannya untuk membantunya mengembangkan Facebook guna dapat memenuhi permintaan kampus-kampus lain yang tertarik untuk masuk dalam jaringan Facebook. Empat bulan selanjutnya Facebook berhasil menggait 30 kampus yang masuk dalam jaringan Facebook.

Progress bagus yang terjadi pada Facebook seraya membuat Zuckerberg beserta dua temannya untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa sebuah apartemen disana. Beberapa minggu kemudian, Zuckerberg bertemu dengan Sean Parker (Cofounder Napster). Sean Parker setuju untuk menjadi investor pertama Facebook setelah meyakini Facebook punya potensi untuk bisa berkembang dengan sangat baik beberapa waktu kedepan.

Facebook terus mengalami progress yang sangat memukau, bahkan jejaring social yang sangat populer kala itu, Friendster menawarkan kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar. Penawaran tersbeut terjadi pada pertengahan tahun 2004. Namun, Zuckerberg sama sekali tidak tertarik untuk menerima tawaran Friendster. Tidak lama kemudian Facebook justru mendapatkan kucuran dana sebesar 12 juta US dari Accel Partners. Setelah itu dana yang diterima Facebook terus mengalir, dan Facebook terus mengalami peningkatan hingga seperti yang sekarang kita lihat.

Related posts:

No response yet for "Sejarah Berdirinya Jejaring Sosial Facebook"

Post a Comment