Contoh Naskah Pidato Masyarakat

Kembali berbagi contoh naskah pidato. Teks pidati kali ini kita akan mengangkat tema umum yang akan disampaikan dihadapan masyarakat.

Artikel contoh naskah pidato sebelumnya adalah contoh naskah pidato tema pendidikan, contoh teks pidato topik generasi muda dan naskah pidato bahasa Inggris. Berikut contoh teks pidato bersosial masyarakat.



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera, semoga kita senantiasa dalam lindungan yang maha kuasa, Amin.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita masih bisa berkumpul pada kesempatan yang penuh bahagia ini dalam keadaan sehat wal’afiyat tak kurang satu hal pun.

Kedua kalinya sholawat serta salam muda-mudahan tetap tercurahkan kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan pelita kepada kita semua sehingga pada saat ini kita sudah berada pada jalan yang diridhoi.

Para hadirin yang saya muliakan..

Pada kesempatan ini izinkan saya sedikit berpesan kepada saya pribadi dan kepada para hadirin sekalian pada umumunya.

Dalam kehidupan bermasyarakat sudah semestinya kita bersikap bertanggung jawab, bertoleransi tinggi terhadap sesama dan tidak bersikap arogan atau pun bentuk-bentuk sikap tidak baik lainnya. Dalam sosial bermasyarakat kita saling membutuhkan satu sama lain. Yang kaya membutuhkan yang miskin dan yang miskin membutuhkan yang kaya. Apa yang bisa dicerna dari kondisi yang demikian ini? Mari senantiasa bersatu padu dan saling menjaga sikap antara satu sama lain sehingga kita bisa mewujudkan Desa ini sebagai Desa yang dihuni oleh masyarakat yang baik dan berbudi.

Hadirin yang saya muliakan…

Dalam menjalani hidup bermasyarakat terkadang kita menjadi seseorang yang cendrung egois dan tidak memperdulikan kepentingan orang lain. Mari kita membuka mata hati dan merenung sejenak. Hal semacam ini adalah salah satu bentuk sikap yang seharusnya bisa kita tiadakan karena dampak untuk jangka panjangnya sangatlah tidak baik bagi diri kita. Tidak baik untuk diri kita pribadi, untuk anak-anak kita serta untuk keluarga kita. Oleh yang demikian maka sudah sepantasnya kita menjadi warga yang berbudi dan menggurangi atau bahkan meniadakan sifat-sifat tidak baik sebagaimana yang saya sebutkan.

Hadirin sekalian yang saya cintai..

Segala sesuatu dimulai dari cara kita menempatkan diri dalam sebuah komunitas, kelompok, dan masyarakat. Jika kita merupakan sosok yang tidak baik dalam bermasyarakat, maka sangat banyak sekali kerugian-kerugian yang kita dapat meskipun hal tersebut mungkin tidak secara langsung kita sadari. Sebagai makhluk sosial kita akan selalu berketerkaitan dengan yang lain, karena memang demikianlah proses hidup kita dalam mejalani kehidupan sebagai makhluk sosial.

Para hadirin yang berbahagia..

Demikian sedikit pesan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga dapat mengingatkan kita semua dan mampu menjadikan kita sebagai manusia yang baik serta berbudi pekerti dalam menjalani kehidupan bersosial masyarakat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Related posts:

No response yet for "Contoh Naskah Pidato Masyarakat"

Post a Comment