Trik Meningkatkan CPC Adsense Yang Masuk Akal

Cara Meningkatkan CPC Adsense Yang Masuk Akal
Sobat Meteorika.com, kali ini saya ingin share cara meningkatkan penghasilan dari Google Adsense dengan metode meningkatkan biaya per klik atau CPC (pay per click) dimana tinggi-rendahnya CPC yang kita dapat memang sangat menentukan besaran penghasilan yang kita dapat dari program periklanan yang dikelola Google ini.

Sebelumnya saya sudah post sejumlah artikel terkait yang mungkin juga berguna untuk Anda, diantaranya adalah cara mendapatkan uang dari blog, cara agar pendaftaran Adsense diterima, dan solusi PIN Adsense belum datang setelah menunggu beberapa bulan. Pembahasan saya pada kesempatan ini lebih spesifik untuk mendapatkan CPC Adsense mahal agar pendapatan dari blogging bisa meningkat.

Google Adsense menggunakan sejumlah nilai ukur dalam menentukan berapa nilai CPC suatu blog. Dan berikut ini adalah beberapa faktor yang sangat penting yang perlu Anda perhatikan apabila CPC blog Anda selama ini sangat murah atau masih berada dibawah nilai CPC yang lazimnya didapat oleh para rekan publisher.

Kualitas Artikel
Sangat penting bagi Anda untuk hanya menulis artikel yang berkualitas, karena artikel berkualitas akan menjadi ukuran sebarapa mahal atau murah CPC yang bisa didapat.

Niche Blog
Trafik tinggi belum tentu bisa dikonversi menjadi penghasilan besar. Sisi penting lainnya adalah pemilihan niche atau tema yang memicu terjadinya relevansi antara iklan dengan artikel mengingat Adsense sejatinya adalah berbasis kontekstual.

Relevansi Iklan
Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, CPC mahal hanya bisa didapat apabila iklan dan keyword bisa match (sama). Oleh yang demikian, sebaiknya Anda fokuskan untuk membuat blog yang memiliki niche khusus agar kesempatan untuk mendapat iklan relevan kian besar.

Ukuran Iklan
Pada laman Dashboard Google Adsense para publisher diberikan beberapa daftar ukuran iklan yang direkomendasikan oleh tim Adsense. Pilihlah jenis ukuran tersebut, meliputi iklan berukuran 336x280, 300x250, 728x90, 160x600. Sesuai statistik, ukuran iklan tersebut lebih berpeluang untuk mendapatkan CTR (click through rate) lebih tinggi katimbang ukuran iklan yang lain.

Penempatan Iklan
Selain faktor ukuran iklan, penempatannya juga akan memberi andil berapa besaran CPC yang kita dapat. Tempatkan iklan pada bagian yang strategis, misalkan dibagian header atau pada laman artikel untuk memicu terjadinya match antara iklan dan kata kunci sebagaimana yang saya singgung pada paragraf diatas.

Bahasa Blog
Sesuai pengamatan saya, CPC Adsense blog bahasa Indonesia dengan blog bahasa Inggris memang sangat berbeda. CPC Adsense untuk blog bahasa Inggris jauh lebih mahal daripada blog berbahasa Indonesia, namun bagi Anda yang hanya memiliki blog bahasa Indonesia CPC tetap bisa ditingkatkan dengan menerapkan poin-poin yang sebutkan diatas.

Itulah beberapa hal mendasar yang harus Anda perhatikan guna bisa memaksimalkan CPC Adsense pada blog Anda. Besaran CPC amat menentukan pendapatan bulanan Anda, oleh karenanya sangat perlu bagi Anda untuk memonitor serta melakukan upaya peningkatan CPC melalui berbagai cara yang tentunya legal dan tidak menyalahi TOS Adsense.

Related posts:

3 Responses for "Trik Meningkatkan CPC Adsense Yang Masuk Akal"

  1. trick yang perlu diterapkan nih gan :)

    ReplyDelete
  2. Yah .. semoga dengan mengikuti trik diatas dapat meningkatkan CPC :) Makasih sebelumnya gan.

    ReplyDelete
  3. entah mengapa, di blog saya iklan 338x280 adalah yang paling buruk performanya..

    ReplyDelete