Tips Agar Bisa Hemat

Tips Agar Bisa Hemat
Pepatah mengatakan "Hemat Adalah Pangkal Kaya", memang benar sekali, berawal dari cara hidup hemat secara tidak langsung sebenarnya kita dituntun untuk menjadi orang yang berkecukupan. Sekuat apapun pondasi financial seseorang, hal tersebut tidak akan banyak membantu manakala yang bersangkutan menarapkan pola hidup boros.

Manajemen keuangan yang baik sifatnya sangat penting agar bisa menghindarkan kita dari keborosan yang dapat menyengsarakan kita dikemudian hari. Berapapun nilai uang atau penghasilan seseorang, tetap harus disisakan untuk menabung dan berusaha belajar untuk menjadi pribadi yang bisa hidup hemat.

Sebelumnya saya sudah sempat share artikel terkait, yakkni artikel tips agar terbebas dari hutang, dan berikut kiat untuk bisa hidup hemat.

Kalkulasi Pemasukan dan Keperluan Pokok
Sebelum Anda membelanjakan uang, sebaiknya Anda lakukan hitung-hitungan terlebih dahulu berapa uang pemasukan Anda, kemudian hitung pula berapa jumlah uang yang harus Anda belanjakan. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran agar tidak terjadi minus.

Alokasikan Uang Untuk Kebutuhan Primer
Agar uang Anda tidak cepat terkurangi, pastikan Anda hanya membelanjakan uang untuk kebutuhan primer. Tidak mengapa kita membeli barang atau benda yang sifatnya kebutuhan skunder, namun prioritasnya adalah kebutuhan primer, dan kebutuhan skunder harus mampu dikontrol dengan baik.

Jangan Biasakan Membelanjakan Uang Lebih Dari Budget
Ini adalah fase-fase awal dimana Anda akan menjadi orang yang boros. Usahakan agar Anda tidak mengeluarkan uang lebih dari estimasi awal, meskipun jumlah lebihnya hanya sedikit. Jika Anda membiasakan diri berbelanja hingga melampaui anggaran, maka seterusnya Anda akan seperti itu.

Usahakan Tidak Punya Hutang
Berhutang tanpa pehitungan yang matang merupakan awal dari kebangkrutan. Sebisa mungkin belanjalah cukup dengan menggunakan uang yang ada dikantong, dan hindari meminjam uang, meskipun jumlahnya kecil.

Related posts:

No response yet for "Tips Agar Bisa Hemat"

Post a Comment