Tips Memilih Hosting Yang Tepat

Tips Memilih Hosting Blog
Jika Anda berencana membuat blog self hosted, maka pilihlah hosting provider yang dapat diandalkan. Pemilihan hosting provider yang tepat sangat penting, karena performa server akan menentukan performa blog Anda.

Seiring dengan perkembangan media online berbasis web yang kian pesat, kini sudah banyak perusahaan web hosting terbaik Indonesia yang dapat Anda pilih layanannya, baik untuk membangun blog kecil-kecilan, blog bisnis, ataupun website portal informasi.

Terdapat sejumlah hal mendasar yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan memilih hosting provider tertentu beserta jenis paketnya. Cukup banyak provider yang menawarkan harga murah dengan iming-iming fitur yang lengkap, namun Anda tidak boleh asal tergoda sebelum Anda mengenal lebih jauh provider bersangkutan.

Untuk menghindari resiko server berkinerja buruk dan kecepatan akses website bermasalah, pastikan provider yang Anda pilih merupakan provider hosting bermutu. Guna memastikan Anda tidak salah pilih, silakan cermati spek hardware provider bersangkutan. Silakan searching review provider yang akan Anda pilih agar Anda tidak perlu bekerja dua kali lantaran salah menjatuhkan pilihan.

Sebagaimana saya sebut diatas, ada beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan dalam memilih hosting provider, dan diluar faktor mutu provider, berikut ini adalah kiat memilih hosting yang tepat sesuai kebutuhan.

1. Jenis Website / Blog
Weblog apa yang akan Anda buat? Tipe website atau blog yang akan Anda buat menentukan paket hosting tipe apa yang mestinya tepat untuk Anda pilih. Jika Anda blogger pemula, maka pilihan yang tepat untuk Anda adalah paket hosting standar dengan tipe shared hosting. Anda juga dapat memilih paket hosting untuk WordPress jika Anda berniat membangun blog menggunakan CMS yang satu ini.

2. Fitur Hosting
Setiap provider menyediakan layanan atau fitur yang berbeda-beda. Pilihlah provider yang bersedia memberikan fitur lengkap, namun harganya relatif terjangkau.  Fitur hosting, meliputi layanan email, domain / sub domain, back up, dll.

3. Mutu Layanan
Amat penting untuk mengetahui kualitas layanan web hosting yang akan Anda pilih demi memastikan performa situs atau blog Anda tidak akan mengalami masalah. Pastikan Anda tidak hanya menjadikan harga sebagai faktor pertimbangan tunggal karena lazimnya harga itu sejalan dengan kualitas, maka bersikaplah lebih bijak dan cermat dalam menentukan pilihan.

4. Dukungan Teknis
Pilihlah provider yang bersedia memberi dukungan teknis 24 jam/7 hari. Anda membutuhkan dukungan teknis yang baik guna bisa memberikan solusi disaat performa blog Anda bermasalah. Terkadang masalah teknis tidak bisa Anda solusikan sendiri, karena ia berkaitan dengan provider.

5. Disk Space
Ini merupakan salah satu faktor pertimbangan terpenting dalam memilih hosting. Sebagaimana saya sebut diatas, yang harus Anda siasati yakni menyesuaikan dengan tipe website atau blog yang akan Anda buat. Jika blog Anda akan berisi banyak konten, maka pilihlah hosting unlimited disk space.

Demikian tips memilih hosting yang baik berdasarkan sudut pandang penulis yang dapat penulis share dengan sahabat pembaca. Semoga gambaran singkat tentang pemilihan hosting yang tepat diatas bisa memberikan Anda sebuah pemahaman berarti serta bekal untuk menentukan pilihan yang terbaik.

Update:

Bagi Anda yang sedang membutuhkan layanan web hosting berkualitas dengan biaya sewa yang cukup murah, saya merekomendasikan Niagahoster.co.id

Niagahoster merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan web hosting terbaik di Indonesia yang sudah saya buktikan sendiri di blog WordPress milik saya. Niagahoster menawarkan berbagai kelebihan dibanding provider lain, mulai akses cepat, server stabil, disk space unlimited, dukungan layanan bantuan sangat cepat, harga murah, dan yang paling menyenangkan menawarkan garansi 30 hari uang kembali jika Anda memutuskan untuk beralih ke provider lain.

Silakan cek layanan web hosting murah terbaik yang ditawarkan Niagahoster. Anda akan mendapati keunggulan yang ditawarkan.

Related posts:

3 Responses for "Tips Memilih Hosting Yang Tepat"

  1. mas kok ndak update lagi blognya...di tunggu lo :)

    ReplyDelete
  2. kalau yang gratisan domain ada g bang??/ dan daftar dimana.. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Niagahoster harga sewa hosting sudah termasuk gratis 1 nama domain (TLD).

      Delete