5 Cara Menghemat Kuota Internet Untuk Ponsel Android

Kebutuhan akan akses internet bagi sebagian orang bak sudah menjadi kebutuhan primer. Biaya akses internet via ponsel sendiri relatif lebih mahal jika menggunakan pulsa reguler sehingga sebagian orang lebih memilih mengaktifkan paket internet tertentu katimbang menggunakan pulsa reguler. Operator menyediakan berbagai macam jenis paket internet sesuai dengan tingka kebutuhan konsumen, baik jenis paket unlimited maupun kuota.

Secara umum paket internet unlimited memiliki tingkat kecepatan yang kurang memuaskan yang akhirnya sebagian pengguna lebih tertarik untuk memilih paket internet berjenis kuota. Paket internet jenis kuota memiliki kecepatan akses dan download yang lebih baik. Namun demikian, dari sisi harga paket kuota memang lebih mahal dari paket unlimited. Disini, pengguna seharusnya bisa menggunakan kuota dengan lebih bijak sehingga sisa kuota internet dapat bertahan lebih lama.

Setiap smartphone dilengkapi fitur aktivasi data. Dengan mengaktifkan fitur data, smartphone akan bekerja secara otomatis dalam menjalankan sejumlah fitur atau aplikasi didalamnya. Meskipun smartphone dalam kondisi pasif, smartphone tersebut tetap melakukan suatu proses seperti push mail, aplikasi messaging, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menyumbang konsumsi data dalam jumlah yang besar sehingga kuota internet Anda akan cepat habis.

Untuk mengatasi kuota internet yang cepat habis dapat disikapi dengan cara menggunakan kuota secara bijak. Bijak yang saya maksudkan disini adalah hanya menggunakan data pada sektor yang dinilai paling penting. Berikut beberapa cara untuk menghemat kuota internet bagi Anda pengguna smartphone Android.

1. Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Terlalu Penting
Ada banyak jenis aplikasi di smartphone yang membutuhkan konsumsi data saat dalam kondisi aktif. Pada saat-saat tertentu ketika Anda tidak sedang membutuhkan layanan tersebut, sebaiknya Anda matikan aplikasi tersebut sehingga Anda bisa mengemat kuota internet Anda.

2. Lakukan Setting Ulang Parameter Mobile Browser
Pada sebagian mobile browser seperti Opera Mini menyediakan fitur resolusi gambar. Ubahlah jenis gambar dari kualitas 'tinggi' ke kualitas sedang atau rendah. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa lebih hemat kuota, terlebih lagi jika Anda sering mengakses laman web yang dipenuhi gambar berukuran besar.

3. Hindari Download File Berukuran Besar
Jika tidak terlalu penting, hindarilah mendownload file dalam ukuran besar. Jika Anda sering menggunakan ponsel Anda untuk mengunduh file, apapun jenis file yang Anda unduh, usahakan Anda mengunduh file yang berukuran relatif kecil, dengan demikian kuota Anda tidak akan cepat limits.

4. Gunakan Jaringan Wifi Jika Tersedia
Anda mungkin sedang berada disuatu tempat yang terdapat jaringan Wifi terbuka. Jika ada jaringan wifi untuk umum yang dapat dijangkau oleh ponsel Anda pastikan Anda memanfaatkan jaringan wifi tersebut sehingga Anda bisa menghemat kuota hingga beberapa persen.

5. Atur Limit Penggunaan Data di Ponsel
Pada ponsel Android versi 4 keatas sudah dilengkapi fitur data monitoring. Fitur tersebut dapat Anda manfaatkan untuk membatasi penggunaan data hingga berapa megabytes atau gigabytes. Atur pengingat konsumsi data sesuai volume kuota yang Anda miliki. Misalkan Anda berlangganan jenis paket internet dengan kuota sebesar 2GB, maka Anda dapat mengatur pengingat konsumsi data di level 1.5GB. Dengan demikian, maka Anda akan lebih bijaksana dalam menggunakan kuota tersebut.

Related posts:

No response yet for "5 Cara Menghemat Kuota Internet Untuk Ponsel Android"

Post a Comment