6 Tips Mengambil Foto Dengan Hasil Lebih Bagus Untuk Pemula

Dalam ilmu fotografi pastinya sudah dijelaskan dasar-dasar teknik pengambilan gambar/foto dengan cara yang benar, mulai pengaturan cahaya, fokus obyek, dll. Disini saya akan menjelaskan sejumlah hal mendasar dalam mengambil gambar menggunakan kamera ponsel yang mungkin saja selama ini masih Anda lewatkan.
6 Tips Mengambil Foto Hasil Bagus Dengan Kamera HP
Teknik Dasar Pengambilan Gambar/Foto Dengan Kamera Ponsel

Perlu saya tegaskan bahwa saya tidak memiliki background atau pengalaman akademis dibidang fotografi. Namun, saya memiliki antusiasme pada bidang ini sehingga saya sering mencermati beberapa pola pengambilan gambar yang hasilnya berbeda-bebda atau dalam artian lain pola-pola pengambilan gambar tersebut saya anggap salah atau benar.

Berdasarkan praktik pribadi, saya dapat mengklasifikasian suatu pola pengambilan gambar saya nilai salah atau benar berdasarkan hasilnya. Sebagai informasi, saat ini saya hanya punya dua buah alat kamera (bukan kamera berstandar fotografi). Saya menggunakan Canon Digital Photo dengan resolusi 16MP dan Samsung Galaxy E5 dengan resolusi kamera primer 8MP.

Mengacu pada pengalaman pribadi, berikut 6 tips mengambil foto dengan hasil yang lebih bagus menggunakan kamera hp dan kamera digital low-end.

1. Kurangi Gerakan Pada Kamera
Untuk poin yang ini saya yakin Anda sudah paham. Ya, jika Anda memotret sambil kamera banyak bergerak, maka hasilnya tidak akan sesuai espektasi Anda, terlebih lagi jika Anda menggunakan kamera  berkualitas rendah. Usahakan Anda setenang mungkin saat memegang kamera sehingga tidak terjadi banyak gerakan.

2. Jangan Membelakangi Cahaya
Untuk mendapatkan hasil  pemotretan yang bagus, pastikan Anda tidak melawan cahaya pada saat melakukan pemotretan. Jika Anda memotret dengan membelakangi cahaya, maka foto akan terlihat gelap, dan untuk tipe-tipe kamera berkualitas rendah hasilnya bahkan tidak enak untuk dilihat.

3. Sesuaikan Pengaturan Cahaya
Sebagian besar kamera smartphone atau kamera digital sudah dilengkapi fitur setting cahaya. Manfaatkan fitur tersebut untuk meningkatkan kualitas foto. Lakukan penyesuaian apakah Anda melakukan pemotretan dipagi hari, siang hari atau petang.

4. Jika Dimungkinkan, Hindari Menggunakan Zoom
Fitur zoom digunakan untuk mendekatkan obyek, namun jika Anda memaksakan untuk mendekatkan obyek diluar kemampuan kamera Anda, maka hal tersebut akan berbuah hasil pemotretan yang kurang bagus.

5. Pilihlah Resolusi Paling Tinggi
Apabila ponsel Anda dilengkapi opsi pengaturan resolusi, pilihlah resolusi paling besar. Dengan memilih resolusi paling besar, maka kualitas foto akan terlihat lebih baik. Foto tersebut akan tampak lebih bermutu dan tidak terlihat pecah saat dilakukan zoom.

6. Ketahui Waktu Jeda Shutter 
Pada kamera ponsel ada yang disebut shutter lag. Shutter lag adalah durasi atau waktu antara kita menekan tombol pengambilan gambar dan proses pengambilan gambar oleh kamera. Mengetahui jeda waktu shutter ini bertujuan untuk memastikan tangan Anda tidak terlalu banyak bergerak karena jika terlalu banyak gerakan, maka hasilnya tidak akan optimal.

Related posts:

No response yet for "6 Tips Mengambil Foto Dengan Hasil Lebih Bagus Untuk Pemula"

Post a Comment