Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart Sendiri

Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart Sendiri
Gejala kerusakan pada komputer memang cukup beragam. Sebagai seorang user, sebenarnya sangat direkomendasikan bagi Anda untuk memahami basic hardware komputer supaya Anda bisa mengatasi gejala permasalahan tertentu pada komputer Anda.

Komputer sering restart sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, dan disini yang perlu di diagnosa adalah kesehatan operating system komputer serta kondisi hardware pada CPU. Perlu dilakukan pengecekan secara seksama untuk bisa mengetahui real permasalahan pada komputer Anda yang mengakibatkan komputer terus restart dengan sendirinya.

Komputer sering restart tentunya akan mengganggu aktivitas pekerjaan Anda, terlebih lagi jika pekerjaan Anda sedang sangat padat dan untuk proses pengerjaannya Anda membutuhkan bantuan komputer. Dengan memiliki kemampuan melakukan perbaikan sendiri tentunya masalah pada PC Anda dapat diselesaikan secara lebih cepat tanpa harus membawanya ke servis komputer.

Ada banyak hal yang bisa memicu komputer sering restart, dan berikut ini adalah beberapa kasus yang sering dijumpai oleh user ketika komputer secara terus-menerus melakukan restart secara otomatis beserta cara mengatasinya.

1. Over heat
Jika temperatur CPU terlalu tinggi, maka komputer akan restart dengan sendirinya tanpa ada peringatan dari sistem.

Solusi:
Periksa kondisi kipas/FAN. Pastikan putaran kipas masih normal. Selain itu, cek juga kondisi power supply. Pastikan power supply masih berfungsi secara normal, karena power supply adalah hardware yang memberikan aliran listrik sehingga jika terjadi keruakan pada hardware yang satu ini maka komputer tidak akan bekerja secara normal.

2. RAM rusak
RAM mengalami kerusakan juga bisa membuat komputer Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya, salah satunya adalah sering restart.

Solusi:
Buka casing CPU, lalu periksa kondis RAM. Jika Anda yakin tidak ada masalah, kemungkinan RAM dipenuhi debu sehingga mengganggu kinerja RAM. Bersihkan RAM dari debu dengan kuas yang bersih.

3. OS corrupt
OS corrupt bisa disebabkan oleh infeksi virus. Jika terdapat file instalasi yang hilang biasanya sistem akan memberikan sebuah pesan.

Solusi:
Lakukan recovery file yang hilang menggunakan aplikasi atau antivirus yang sudah dilengkapi dengan fitur ini.

4. Hardisk bad sector
Hardisk rusak atau bad sector juga bisa menjadi titik permasalahan komputer sering restart. Ketika terjadi bad sector, maka komputer tidak bisa berfungsi dengan normal.

Solusi:
Cek kondisi hardisk Anda menggunakan software, jika hardisk Anda terdapat bad sector, silakan lakukan upaya penanganan masalah menggunakan bantuan aplikasi, atau format ulang hardisk tersebut.

Related posts:

No response yet for "Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart Sendiri"

Post a Comment