Cara Mengatasi Signal Limited Service Pada Modem

Cara Mengatasi Signal Limited Service Pada Modem
Pernahkah Anda menjumpai sebuah kejadian dimana modem yang biasanya Anda gunakan untuk mengakses jaringan internet tiba-tiba mengeluarkan indikator signal bermasalah atau Limited Service. Jika Anda pengguna modem dial-up, sepertinya kondisi tersebut bukanlah sebuah kejadian yang mengherankan lagi bagi Anda. Limited Service muncul karena modem gagal menangkap signal secara total.

Kasus modem memunculkan pesan Limited Service terjadi pada beberapa tipe modem, seperti modem mobile wifi Bolt. Selama beberapa bulan terahir ini saya selalu menggunakan modem tersebut, dan saya kerap kali mengalami masalah akses internet karena modem gagal menangkap signal. Namun, permasalahan tersebut bukan terletak pada modemnya, melainkan lebih kepada faktor jaringan operator serta lokasi Anda.

Jika Anda tinggal disebuah tempat yang cover jaringan masih agak sulit, maka ketika cuaca sedang kurang baik modem biasanya akan kesulitan untuk menangkap jaringan. Pada saat modem benar-benar gagal menanhkap jaringan, maka muncullah pesan Limited Service ini. Berkaca pada pengalaman pribadi, berikut ini beberapa kiat untuk mengatasi modem memunculkan pesan Limited Service yang dapat Anda coba terapkan.

1. Restart Modem
Hal pertama yang perlu Anda coba lakukan adalah mematikan modem kemudian menghidupkannya kembali. Tunggulah hingga beberapa menit (2-4 menit), dan apabila signal belum berhasil terdetek oleh modem, silakan lanjut ke langkah nomor 2.

2. Tempatkan Modem Pada Lokasi Yang Berbeda
Letakkan modem pada tempat yang berbeda-beda dan amati hasilnya. Anda pastinya tahu dimana tempat yang biasanya mudah untuk mendapatkan signal ditempat Anda. Letakkan modem pada tempat tersebut dan lakukan pengamatan selama beberapa menit (4-10 menit). Jika gagal, lanjut ke langkah berikutnya.

3. Jangan Langsung Mengaktifkan Koneksi
Matikan kembali modem Anda kemudian nyalakan kembali. Jika modem Anda di set auto connect, jangan langsung connect pada saat modem baru Anda nyalakan. Tunggulah selama beberapa saat baru kemudian Anda coba mengaktifkan koneksi. Jika masih belum berhasi memunculkan sigal juga, maka ada kemungkinan operator sedang mengalami gangguan jaringan. Terlepas dari kemungkinan adanya gangguan jaringan dipihak operator, Anda bisa mencoba langkah memunculkan signal yang lainnya.

4. Gunakan Gelas Kaca Transparan
Gelas kaca transparan megandung serat optik yang diklaim dapat meningkatkan kekuatan s ignal. Carilah gelas kaca transparan ukurannya terserah tapi semakin besar semakin baik, kemudian masukkan modem Anda kedalam gelas tersebut. Apabila tidak muat, silakan letakkan modem diatas gelas.

Demikian, semoga bisa memberikan solusi. Sebagai catatan, saya tidak menjamin trik yang saya gunakan diatas bisa memberikan solusi, tetapi apa yang saya paparkan diatas merupakan langkah-langkah yang biasanya saya lakukan ketika muncul pesan Limited Service pada modem saya.

Related posts:

No response yet for "Cara Mengatasi Signal Limited Service Pada Modem"

Post a Comment