Cara Pesan Tiket Pesawat Online (e-tiket)

Sejak diperkenalkannya e-ticket masyarakat sudah tidak perlu lagi susah payah mendatangi kantor penjualan tiket. Kini seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Anda dapat memesan tiket pesawat secara online dengan mudah, aman dan tentunya praktis.

Kali ini saya ingin share kepada para pembaca bagaimana cara booking tiket online mulai dari langkah awal, proses pembayaran hingga mendapatkan e-tiket. Ada sekian banyak situs penjualan tiket online yang bisa Anda pilih, dan pada penduan ini menggunakan e-tiket Traveloka karena sebelumnya saya memang membeli tiket pesawat online melalui Traveloka.

Berikut langkah-langkah membeli tiket pesawat secara online melalui Traveloka.com :

Masuk ke situs Traveloka.com kemudian akan muncul halaman awal situs seperti gambar dibawah ini.

Cara Pesan Tiket Pesawat Online Lewat Traveloka
Cara Pesan Tiket Pesawat Online di Traveloka

Kemudian, isilah Kota Asal, Kota, dan Tanggal Berangkat. Perhatikan contoh seperti gambar dibawah ini


Setelah Anda mengisi Kota Asal dan Kota Tujuan serta Tanggal Berangkat, kemudian silakan tekan tombol Cari Tiket hingga muncul halaman pencarian tiket seperti gambar dibawah.


Pilihlah salah satu dari daftar tiket yang tersedia sebagaimana terlihat seperti gambar diatas lalu klik tombol Pesan SEKARANG! Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini.


Isilah data pemesan (Anda) seperti yang terlihat pada contoh dibawah ini.


Jika data pemesan sudah Anda sisi, silakan klik tombol Lanjutkan, kemudian akan muncul halaman pop-up seperti gambar dibawah.


Jika Anda merasa email yang Anda masukkan sudah benar, maka silakan klik tombol bertuliskan "Ya, email saya benar". Selanjutnya akan muncul halaman seperti gambar dibawah.


Kemudian, isilah Data Penumpang, meliputi Title (Tuan, Nyonya, Nona), Nama Anda.


Pada contoh diatas, Title berisikan Tuan, dan Nama berisikan NamaAnda (silakan sesuaikan dengan status dan nama asli Anda sesuai KTP). Jika sudah, silakan klik tombol Lanjut Ke Pemesanan dan akan muncul halaman untuk fase pembayaran seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya, silakan klik tomvol Lanjut ke Pembayaran hingga muncul halaman seperti gambar dibawah ini.


Perhatikan gambar diatas, silakan klik tombol Bayar hingga muncul jendela pop-up seperti gambar dibawah ini.


Perhatikan jendela pop-up diatas, silakan klik tombol Saya Setuju. Kemudian, Anda akan diberikan arahan untuk melakukan pembayaran e-tiket yang baru saja Anda pesan. Lihat gambar berikut ini.


Gambar diatas berisikan instruksi cara untuk melakukan pembayaran tiket online yang Anda pesan. Silakan catat instruksi yang tertera atau cetak halaman tersebut kemudian lakukan pembayaran via ATM yang memiliki logo ATM Bersama sesuai dengan instruksi yang ada.

Setelah Anda melakukan pembayaran tiket yang Anda pesan, dalam beberapa menit kemudian info detail e-ticket Anda akan dikirimkam melalui email yang tadi Anda gunakan untuk memesan.

Contoh e-ticket pesawat
Contoh e-ticket dari Traveloka

SELESAI

Cara check in pesawat dengan tiket online (e-ticket)

Cara menggunakan e-tiket

1. Bukalah email Anda yang digunakan untuk memesan e-tiket, lalu buka attachment file e-tiket yang biasanya file-nya dalam bentuk PDF.

2. Cetak file e-tiket mengunakan kertas A4 atau kertas sejenis. Cetakan e-tiket tersebut nantinya perlu Anda tunjukkan kepada petugas bandara.

3. Tepat pada tanggal keberangkatan, bawalah e-tiket tersebut ke bandara untuk melakukan check-in. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas resmi, misalkan KTP, SIM atau Paspor jika untuk tujuan internasional. Maskapai membutuhkan Kode Booking atau PNR yang ada di e-tiket Anda, kemudian PNR tersebut akan dicocokkan dengan data yang terdapat pada database maskapai. Apabila sudah sesuai, maka Anda akan diberikan boarding pass.

Related posts:

No response yet for "Cara Pesan Tiket Pesawat Online (e-tiket)"

Post a Comment