Mengenal Kapasitas Memori Internal Smartphone Android

Smartphone berbasis Android dibekali memori internal dengan kapasitas yang berbeda-beda antara satu tipe dengan tipe lainnya. Memori internal sebuah ponsel bisa berukuran 4GB, 8 GB hingga 128GB. Pertanyaannya, apakah besaran kapasitas memori internal sama persis dengan yang dijelaskan pada spesifikasi ponsel bersangkutan? Jika Anda memiliki pertanyaan sedemikian rupa, maka artikel ini akan menjawabnya.

Mengapa kapasitas memori internal hp Android tidak sama alias berbeda

Sebagian ponsel cerdas yang mengaplikasikan operating system (OS) Android baik itu produk Samsung, HTC, SONY maupun produksi vendor ponsel lainnya pada umumnya sudah dilengkapi memori internal. Keberadaan memori internal ini untuk kebutuhan operasional sistem dan juga untuk membekali ruang penyimpanan kepada pengguna jika yang bersangkutan memilih untuk tidak menggunakan memori eksternal atau memori microSD.

Berangkat dari pertanyaan seorang teman serta pengalaman pribadi dimana saya menjumpai ponsel Samsung yang saya gunakan memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 16GB. Kemudian, setelah saya perhatikan, dengan hanya menggunakan space memori sebesar -/+ 3GB ternyata space memori ponsel saya hanya menyisakan ruang 10GB. Lalu kemana yang 3GB? Disinilah akhirnya saya mencoba mencari tahu jawabannya.

Perlu diketahui, bahwa adanya penyempitan kapasitas memori internal pada smartphone dalam hal ini dikarenakan ruang memori tersebut teralokasikan untuk sistem. Ya, jika Anda mendapati kapasitas memori internal ponsel Anda tidak sesuai dengan specs ponsel Anda, maka sebenarnya space memori tersebut digunakan oleh sistem. Sistem membutuhkan memori untuk bisa bekerja dan semakin banyak aplikasi pre-laoded pada ponsel Anda, maka sistem akan membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan sehingga real kapasitas memori internal ponsel Anda akan semakin mengecil.

Dari penjelasan diatas, sekarang saya yakin pertanyaan Anda sudah terjawab mengapa kapasitas memori internal hp Android terlihat berbeda jauh dengan real kapasitasnya. Contoh kasus kapasitas memori internal hp tidak sama dengan specs hp diantaranya adalah Samsung Galaxy S4 yang memiliki kapasitas internal sebesar 16GB dimana memori internal yang benar-benar bisa digunakan user adalah 8.56GB atau hanya tersisa 54 persennya saja.

Sementara itu, tipe smartphone lainnya yang tergolong masih memiliki space yang relatif besar setelah teralokasikan untuk sistem adalah Nexus 5. Ponsel ini memiliki space memori internal sebesar 16GB dan masih menyisakan ruang sebesar 12.28GB atau 77 persen setelah digunakan untuk menjalankan sistem.

Related posts:

No response yet for "Mengenal Kapasitas Memori Internal Smartphone Android"

Post a Comment