Tips Agar Bisa Membeli Rumah Dengan Penghasilan Pas-pasan

Tips Agar Bisa Membeli Rumah Dengan Gaji Kecil
Rumah tidak sebatas tempat untuk kita tinggal. Rumah juga memiliki fungsi sikologis terhadap keberlangsungan hidup manusia. Ada sebuah pepatah "rumahku adalah surgaku", pepatah tersebut menggambarkan betapa rumah itu lebih dari sekedar tempat tinggal tetapi rumah adalah tempat dimana kita beristirahat, berpikir, menyusun langkah kedepan untuk membangun masa depan, dan lain sebagainya.

Setiap orang membutuhkan rumah, namun faktanya tidak semua orang bisa memiliki rumah karena faktor dukungan finansial yang mungkin belum mencukupi. Rumah tidak bisa dibeli atau dibangun hanya dengan bermodalkan uang 1-2 juta. Untuk membangun sebuah rumah setidaknya kita harus menyiapkan uang puluhan juta rupiah, itupun jika kita sudah memiliki tanahnya.

Sementara itu, untuk membeli sebuah rumah secara umum kita harus menyediakan uang tidak kurang dari 100 juta rupiah. Bahkan, jika Anda tinggal dikawasan perkotaan, Anda harus menyediakan budget yang lebih tinggi, karena diperkotaan tidak ada rumah yang dibandrol 100 juta, harganya pasti jauh lebih mahal budget 100 juta. Lalu bagaimana cara agar bisa membeli rumah jika penghasilan kita pas-pasan? tentunya butuh waktu yang sangat lama untuk mengumpulkan uang hingga ratusan juta rupiah.

Sebagaimana yang saya bahas pada artikel tips mengelola keuangan pribadi, bahwasannya manajemen keuangan itu sangat menentukan kekuatan finansial kita dalam jangkan pendek serta jangka panjang selain mengacu pada besaran gaji atau penghasilan kita. Jika kita tidak memiliki tata kelola keuangan yang baik, maka sekalipun Anda berpenghasilan besar, hal tersebut tidak akan menjamin keuangan Anda akan lebih baik.

Bijak dalam menggunakan uang adalah cara untuk memperbaiki ekonomi Anda, dan berikut ini beberapa kiat untuk bisa membeli rumah meski dengan gaji kecil atau penghasilan yang pas-pasan.

1. Biasakan Menabung
Sudah pasti, yang perlu Anda lakukan adalah melatih diri Anda untuk terbiasa menabung. Jangan pikirkan jumlahnya, tapi pastikan saja Anda mau menyisakan sejumlah uang untuk menabung. Meski sedikit, jika Anda mau menabung secara rutin kedepannya Anda pasti akan menikmati hasilnya.

2. Bijak Membelanjakan Uang
Jika uang sudah ditangan Anda, pikirkanlah kebutuhan wajib terlebih dahulu. Jangan belanjakan uang Anda untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting karena hal ini akan mendorong Anda untuk berkepribadian boros dalam jangka panjang, dan boros itu tidak baik bukan?

3. Alokasikan Uang Anda Untuk Kebutuhan Primer
Poin ini hampir sama dengan poin nomor 2, intinya Anda harus menggunakan uang secara bijak. Ingat, dalam hidup itu ada tiga jenis barang kebutuhan manusia. Pertama, barang yang sifatnya wajib kita beli, contohnya beras. Kedua, barang yang sifatnya butuh, contoh pakaian. Ketiga, barang yang sifatnya ingin/suka, contohnya aksesoris. Pertimbangkan ketiganya sebelum Anda membelanjakan uang.

4. Investasikan Uang Anda
Alokasikan uang Anda untuk berinvestasi. Inivestasi ada banyak sekali bentuk dan jenisnya. Pilihlah jenis investasi yang low-risk (resiko rendah) sehingga resiko Anda kehilangan uang Anda sangat kecil. Uang yang Anda investasikan kedepannya akan bertambah lebih banyak dalam rentang waktu yang lebih cepat sehingga dapat membantu program kepemilikan rumah sebagaimana yang Anda impikan.

5. Depositokan Uang Anda
Selain dengan menabung dan berinvestasi, Anda juga bisa memilih opsi mendepositokan uang. Program deposito dari bank akan memberikan suku bunga yang lumayan untuk Anda. Pilihlah bank yang menawarkan suku bunga tertinggi dengan jaminan yang dapat dapat diandalkan sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan uang Anda.

Related posts:

No response yet for "Tips Agar Bisa Membeli Rumah Dengan Penghasilan Pas-pasan"

Post a Comment