Tips Memilih Smartphone Android Secara Tepat

Tips Memilih HP
Android adalah platform smartphone dan komputer tablet terpopuler dimasa sekarang. Platform yang dibesut oleh raksasa IT Google ini berhasil menggait banyak pengguna dan menggeser sejumlah platform lain yang notabene lebih tua. Dengan sederet kelebihan yang dimiliki Android menjadikan platform ini semakin diminati para pengguna smartphone serta komputer tablet diberbagai belahan dunia.

Dengan daya tarik Android yang begitu tinggi, para vendor smartphone pun akhirnya lebih melirik Android katimbang platform lain. Berbagai vandor smartphone mulai vendor kurang tenama hingga vendor papan atas pun akhirnya memilih Android sebagai operating system smartphone produksi mereka, seperti Samsung, SONY, HTC, LG, dan lain sebagainya.

Pada pihak konsumen, sepertinya amat penting untuk memilah-milah sebelum memutuskan untuk membeli tipe smartphone tertentu. Sisi pertimbangan yang tidak boleh Anda abaikan dalam memilih smartphone berbasis Android diantaranya adalah terletak pada ukuran tingkat kebutuhan Anda, faktor penyesuaian budget, faktor kualitas pabrikan dan sejumlah pertimbangan penting lainnya yang dianggap perlu.

Melakukan pertimbangan secara bijak dalam membeli smartphone bertujuan untuk memastikan Anda tidak akan merasa kurang atau bahkan tidak puas dengan tipe smartphone yang sejatinya Anda pilih sendiri. Nah, berikut ini beberapa kiat dalam memilih hp Android secara tepat guna memastikan Anda tidak salah memilih.

1. Sesuaikan Dengan Tingkat Kebutuhan
Ini salah satu sisi pertimbangan yang cukup penting dalam memilih smartphone. Dengan mengukur tingkat kebutuhan, maka Anda dapat menentukan tipe smartphone dengan fitur seperti apa yang patut Anda pilih.

2. Menyesuaikan Dengan Budget
Sesuaikan budget Anda, dengan demikian Anda dapat membuat list tipe smartphone tertentu berdasarkan jangkaun harga maksimal sesuai dengan dana yang Anda miliki. Misalkan budget Anda tidak lebih dari 2 juta, maka buatlah semacam daftar tipe smartphone yang dibandrol kurang dari 2 juta dengan mencari referensi di situs-situs yang menyediakan info harga smartphone.

3. Pertimbangkan Soal Fitur
Pastikan Anda memilih smartphone Android yang sudah memiliki fitur yang Anda butuhkan. Misalkan, Anda menginginkan smartphone yang sudah memiliki flash pada kamera utamanya, maka pastikan smartphone yang akan Anda beli sudah didukung flash.

4. Pilihlah Produk Yang Sudah Teruji
Memilih produk yang sudah teruji juga cukup penting untuk memastikan Anda tidak salah memilih produk yang mutunya dibawah standar. Anda dapat mencari review produk yang akan Anda beli di forum-forum online atau di situs-situs yang mengulas seputar smartphone.

5. Pertimbangkan Soal Merk
Tidak hanya berpertimbangan pada tipe, Anda juga perlu berpertimbangan pada pabrikan smartphone yang akan Anda pilih. Hal ini bertujuan untuk memastikan Anda memilih produk dari brand yang sudah memiliki reputasi baik yang mutu produknya sudah terbukti bagus.

6. Pilih Smartphone Dengan Kapasitas Baterai Ideal
Anda pastinya paham, bahwa smartphone membutuhkan konsumsi daya yang cukup besar karena fungsinya yang luas. Oleh yang demikian, pilihlah jenis smartphone yang sudah memiliki kapasitas baterai sedang atau berkapasitas besar jika budget Anda cukup. Usahakan Anda memilih smartphone dengan kapasitas baterai >1700mAh.

7. Dukungan Jaringan
Performa suatu smartphone ditentukan oleh sejumlah faktor, merujuk pada tingkat kecepatan akses internet smartphone amat bergantung pada jenis jaringan. Pilihlah smartphone yang sudah support jaringan 3G, dengan demikian Anda akan merasa lebih nyaman saat mengeksplorasi ruang maya. Saat ini tipe smartphone support jaringan 3G sudah tersedia dalam berbagai tipe dengan harga yang cukup beragam, jadi sepertinya Anda tidak perlu takut meskipun budget Anda relatif kecil.

8. Besaran Kapasitas RAM
Random Access Memory atau yang lebih familiar dengan sebutan RAM merupakan salah satu komponen (hardware) smartphone yang memberi andil besar dibalik performa sebuah smartphone. Terlepas dari faktor budget, usahakan untuk memilih smartphone setidaknya yang sudah dibekali RAM 512MB karena pada umumnya smartphone yang masih menggunakan RAM berkapasitas 256MB tidak bisa bekerja secara optimal, ponsel cukup lambat, sulit untuk membuka aplikasi-aplikasi besar, dan juga sering mengalami hang.

Related posts:

No response yet for "Tips Memilih Smartphone Android Secara Tepat"

Post a Comment