Tips Mengatasi CPU Mengeluarkan Bunyi Keras

Cara Mengatasi CPU Mengeluarkan Bunyi Keras
Anda mungkin pernah menjumpai sebuah CPU mengeluarkan bunyi dengan begitu keras dimana bunyi berisik tersebut menurut Anda tidak lazim. Ya, kasus CPU mengeluarkan suara berisik sebenarnya bukan sebuah kejadian yang asing lagi. Kasus CPU mengeluarkan bunyi keras diluar batas kewajaran ini disebabkan oleh adanya salah satu komponen pada CPU yang tidak bekerja sebagai mestinya atau dalam artian lain hardware tersebut mengalami masalah.

Selain disebabkan adanya salah satu hardware pada CPU yang mengalami masalah, CPU mengeluarkan bunyi keras juga bisa disebabkan oleh pemasangan salah satu hardware dalam CPU yang tidak dilakukan secara sempurna, misalkan saja baut longgar sehingga disaat CPU bergetar terlalu kencang maka hardware tersebut menjadi longgar dan keluarlah bunyi berisik dari dalam CPU.

Terlepas dari beberapa kemungkinan sebagaimana yang saya sebutkan diatas, berikut beberapa penyebab umum CPU mengeluarkan bunyi tidak normal dan cara mengatasinya.

1. FAN / Kipas
Dalam kebanyakan kasus dibalik bisingnya suara CPU biasanya disebabkan oleh kipas. Begitu CPU dinyalakan maka kipas ini akan terus bekerja yang artinya, Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi kipas serta pemasagannya apakah sudah dilakukan dengan benar. Jangan lupa juga untuk membersihkan kipas secara berkala serta memberikan pelumas agar kipas dapat berputar dengan lebih baik.

2. Processor Overheat
Processor overheat adalah sebuah kondisi dimana temperatur processor terlalu panas dimana hal ini terjadi pada saat komputer sedang bekerja multi tasking seperti membuka aplikasi-aplikasi berat dalam rentang waktu yang lama sehingga membuat processor menjadi sangat panas. Dalam kondisi ini, kipas juga akan berputar lebih kencang sehingga CPU akan bergetar dan muncullah suara bising. Untuk menyikapi permasalahan ini, sebaiknya Anda tidak memaksakan komputer bekerja secara ekstra jika sifatnya tidak prioritas. 

3. Komponen Hardware Dalam CPU
Seperti disebutkan diatas bahwa suara CPU bising kerapkali disebabkan oleh adanya salah satu komponen hardware yang tidak terpasang dengan baik. Lakukan pengecekan secara seksama dan pastikan tidak ada satupun hardware dalam CPU dalam keadaan longgar.

4. Tata Letak Kabel
Kabel juga bisa menjadi penyebab CPU mengeluarkan bunyi bising. Pada saat Anda membuka casing CPU, lakukan pengecekan secara teliti, periksa kabel-kabel dalam CPU dan pastikan kabel tidak mengenai kipas atau komponen lain yang dapat menimbulkan suara bising.

5. CPU Dipenuhi Debu
Bukan hanya RAM saja yang perlu dibersihkan dari debu, membersihkan debu pada CPU secara menyeluruh juga harus Anda lakukan secara berkala karena jika CPU Anda dipenuhi debu, maka debu tersebut akan mengganggu kinerja hardware dan dalam hal ini yang cukup potensial akan mengalami masalah adalah kipas. Bersihkan CPU dan semua komponen dalam CPU menggunakan kuas yang bersih atau jika ada silakan gunakanlah blower sehingga debu dibagian dalam hardware pun bisa terangkat.

6. Casing CPU
Kemungkinan lain penyebab keluarnya bunyi berisik dari dalam CPU adalah dikarenakan casing CPU yang longgar. Jika casing CPU dalam keadaan longgar, maka besar kemungkinan akan keluar bunyi berisik bahkan tidak lama setelah CPU dinyalakan. Periksa kerapatan casing CPU, pastikan semua baut sudah terpasang dengan baik pada masing-masing sudut.

Related posts:

3 Responses for "Tips Mengatasi CPU Mengeluarkan Bunyi Keras"

  1. klu pc hidup tapi tidak ada bunyi dan tampilan no signal dimana permasalahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel berikut mungkin menjawab pertanyaan Anda: http://www.exnim.com/2013/08/cara-mengatasi-komputer-cpu-hidup-tapi.html

      Delete
  2. Cara memperbaiki gimana mas?

    Barusan gak sengaja CPU nya kebentur kaki meja, karna letak CPU di bawah meja, seketika layar error,
    Saya matikan paksa dr CPU, begitu saya ON lagi keluar bunyi keras, saya yakin itu kipas, tapi layar gak mau nyala..

    ReplyDelete