Contoh Surat Berita Acara Serah-Terima

Surat Berita Acara Serah-Terima merupakan sebuah bentuk dokumen surat yang berfungsi untuk dijadikan sebagai bahan hukum bahwa telah dilakukan serah-terima barang. Surat tersebut akan memberikan kekuatan hukum yang kuat kepada Anda apabila disuatu haru terdapat perselisihan, misalkan Anda dianggap belum melakukan serah-terima barang.

Membuat Surat Berita Acara Serah-Terima Barang sebenarnya cukup mudah, namun tentunya Anda masih membutuhkan referensi jika notabene Anda belum pernah mengenal atau membuatnya. Nah, melalui artikel ini saya akan share contoh Surat Berita Acara Serah-Terima Barang yang bagus guna memberikan materi bimbingan kepada Anda.

Baiklah, bagi Anda yang membutuhkan referensi penulisan Surat Berita Acara Serah Terima Barang, silakan pelajarin contohnya dibawah ini.

Berita Acara Serah Terima Barang ini dibuat di ___________ pada hari ini, __________ tanggal __ ____________ _____  oleh dan diantara:
Nama : _______________.
Tempat/Tanggal Lahir : _______________.
Alamat : _______________.
No. KTP : _______________.
Selanjutnya disebut sebagai “PIHAK PERTAMA”
Nama : _______________.
Tempat/Tanggal Lahir : _______________.
Alamat : _______________.
No. KTP : _______________.
Selanjutnya disebut sebagai “PIHAK KEDUA”
PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama selanjutnya disebut sebagai “Kedua Belah Pihak”. Kedua Belah Pihak dengan ini menerangkan hal-hal sebagai berikut:
  • Bahwa, PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah mengadakan suatu hubungan kerja sama jual beli barang berdasarkan Perjanjian ______________ Nomor ___________ tanggal ______________ (“Perjanjian”);
  • Bahwa, Perjanjian tersebut telah menempatkan PIHAK PERTAMA sebagai “Penjual” dan PIHAK KEDUA sebagai “Pembeli”;
  • Bahwa, Perjanjian tersebut telah mewajibkan PIHAK PERTAMA sebagai Penjual untuk menyerahkan kepada PIHAK KEDUA sebagai Pembeli, sebuah Barang berupa _________________ dengan spesifikasi sebagai berikut:
Merek : ______________;
Jenis : ______________;
Tipe : _______________;
Nomor : _______________;
Jumlah : ______________;
  • Bahwa, PIHAK PERTAMA dengan ini menyerahkan Barang kepada PIHAK KEDUA sebagaimana PIHAK KEDUA dengan ini menerima Barang tersebut dari PIHAK PERTAMA;
  • Bahwa, dengan telah dilakukannya serah terima Barang tersebut sebagaimana dimaksud Butir (4), maka dengan demikian kewajiban PIHAK PERTAMA sebagai Penjual untuk menyerahkan Barang kepada PIHAK KEDUA dan hak PIHAK KEDUA sebagai Pembeli untuk menerima Barang tersebut dari PIHAK PERTAMA berdasarkan Perjanjian telah dilaksanakan;
  • Bahwa, Berita Acara ini merupakan bagian dari pelaksanaan Perjanjian dan sekaligus sebagai Tanda Terima Barang diantara Para Pihak, sehingga oleh karenanya merupakan suatu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian.
Demikian Berita Acara ini dibuat atas persetujuan kedua belah pihak tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.
Kedua Belah Pihak,
PIHAK PERTAMA                PIHAK KEDUA


________________________________________________

Demikian contoh Surat Berita Acara Serah-Terima Barang yang dapat saya share dengan sahabat pembaca pada kesempatan kal ini, semoga bermanfaat.

Related posts:

No response yet for "Contoh Surat Berita Acara Serah-Terima "

Post a Comment