Artikel Pembentukan Karakter

Karakter atau dalam pemahaman yang lain disebut dengan sifat dasar seorang manusia adalah sebuah hal yang perlu pengarahan dengan cara-cara dan pendekatan yang tepat agar kedepannya orang tersebut (anak) dapat menjadi pribadi yang baik, baik untuk keluarga, untuk masyarakat, dan juga untuk dirinya sendiri.

Sebelumnya saya sudah memposting sebuah artikel yang memiliki keterkaitan dengan artikel ini, yaittu artikel pendidikan karakter anak. Meskipun pada dasarnya karakter seseorang itu tidak bisa dirubah secara mutlak, namun perkembangan pola pikir seorang anak dimasa kecil atau remaja hingga membentuk karakter dia yang sesungguhnya ketika dewasa dalam hal ini diperlukan sebuah pengarahan.

Pembentukan karakter seseorang (orang dewasa) dipengaruhi oleh hal-hal yang dialaminya sewaktu masih kecil. Oleh karena itu, maka peran orangtua dan orang-orang terdekat disekitarnya sangat penting untuk membantu seorang anak nantinya bisa tumbuh menjadi orang dewasa yang berkarakter baik, dan memiliki personaliti yang mengesankan.

Untuk membantu seorang anak menjadi seseorang yang memiliki karakter baik, ada beberapa kiat untuk menyiasati hal ini, dintaranya :

› Beri kasih sayang
Tidak sedikit kalangan anak yang ketika tumbuh menjadi dewasa cendrung melakukan hal-hal yang tidak baik lantaran semasa kecilnya dia kurang diberikan perhatian dan kasih sayang. Berikan kepadanya kasih sayang dan perhatian yang sepantasnya agar bisa menjadi pribadi yang baik dan berkualitas.

› Beri dia wawasan
Memberikan wawasn yang luas kepada seorang anak sesuai dengan kapasitasnya adalah sangat prioritas untuk melatih dia memiliki kepekaan dengan konteks kehidupan sosial yang akan dijalaninya.

› Ajarkan ilmu sosial
Ini sangat penting agar kedepannya seorang anak bisa menjadi pribadi yang santun, tau tata krama, hormat terhadap sesama, memiliki toleransi, memiliki rasa tanggung jawab terhadap sesama, dan benar-benar siap untuk bermayarakat.

› Jauhkan dari hal-hal negatif
Jangan sekalipun membiarkan anak dirasuki oleh hal-hal negatif yang dalam hal ini bisa saja datang dari lingkungan atau orang-orang sekitar. Kontrol mereka secara intens agar Anda mengetahui aktivitas kesehariannya.

› Bekali dia dengan ilmu agama
Membekali anak dengan ilmu-ilmu agama sangatlah penting. Dengan memiliki bekal ilmu agama yang memadai secara teori tentunya mereka tidak akan dengan mudah melakukan hal-hal yang buruk, seperti halnya suka berbohong. Selain itu, bekal ilmu agama yang dimilikinya juga akan membantunya untuk cenderung mau melakukan hal-hal yang positif.

Related posts:

No response yet for "Artikel Pembentukan Karakter"

Post a Comment