Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar Menguat Drastis, Bertahan Lamakah?

nilai tukar rupiah ke dollar menguat
Nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar mengalami peningkatan yang cukup drastis dimana pada awal bulan Oktober kemarin sempat menyentuh level 14.695 per Dollar. Hari ini Rupiah menguat hingga level 13.400 per Dollar.

Peningkatan Rupiah secara drastis dalam kurun waktu yang sangat singkat ini memicu banyak spekulasi oleh masyarakat serta para pelaku pasar. Sebagian masyarakat cukup optimis bahwa tren penguatan Rupiah ini akan terus berlanjut, namun tidak sedikit pula yang meyakini Rupiah akan kembali melemah hingga menyentuh level diatas 14.500 per USD.

Pengumuman paket kebijakan ekonomi jilid III tampaknya memberikan dampak positif terhadap Rupiah. Terbukti, tidak lama pasca pemerintah membeberkan isi kebijakan ekonomi ke-3 tersebut Rupiah terus mengalami peningkatan secara drastis. Sentimen pasar yang cukup positif berhasil mengangkat Rupiah menjadi mata uang dengan nilai tukar tertinggi terhadap Dollar dari negara-negara Asia lainnya.

Kendati Rupiah sedang menguat drastis, Rupiah kemungkinan tetap akan mengalami pelemahan kembali, tepatnya dipenghujung tahun. Dipenghujung tahun nilai Dollar diperkirakan akan meningkat tajam karena pada penghujung tahun kuota Dollar akan banyak dibutuhkan, baik individual maupun kelembagaan atau kenegaraan, seperti untuk membayar hutang luar negeri.

Related posts:

No response yet for "Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar Menguat Drastis, Bertahan Lamakah?"

Post a Comment