Apa Itu 'Kekinian'? Harukah Kita Menjadi

Apa Itu Kekinian
Meme Nom nom nom - Img (c) Instagram.com
Istilah “Kekinian” yang Berkembang di Masyarakat - Zaman semakin maju saja, mulai dari fashion hingga teknologi. Baru beberapa tahun ini, hampir seluruh masyarakat menjadi berubah pola hidupnya. Mulai dari cara berpakaian, gaya hidup dan teknologi yang dipakai. Sebenarnya, istilah kekinian lebih banyak digunakan para remaja zaman sekarang yang kemunculannya diiringi dengan istilah baru lainnya seperti kepo, baper, php dan lain-lain. Kita tidak bisa menolak kemajuan teknologi, akan tetapi harus bisa menyaring yang manakah yang baik untuk kita terapkan. Dengan merebaknya media sosial, seakan-akan orang pada zaman sekarang mulai dari yang remaja hingga dewasa pasti bermain media sosial yang terkenal seperti facebook dan instagram. Setiap kejadian pasti mempunyai sisi negatif dan positif, begitu juga dengan kemajuan teknologi sekarang ini.

Orang-orang zaman sekarang, menyebut orang yang gaya hidupnya terlihat keren hanya dengan unggahan forto baik diinstagram ataupun media sosial lainnya dengan sebutan orang kekinian. Maksud dari kekinian adalah keadaan dimana orang tersebut terlihat sangat mengikuti zaman dengan foto yang ditampilkan mendeskripsikan kehidupan yang kebanyakan bisa dibilang mewah. Tetapi, kita harus berhati-hati dengan kemajuan teknologi yang sedang kita rasakan saat ini, kebanyakan orang sekarang lebih memilih sibuk dengan gadgetnya. Sehingga muncul kalimat “gadget mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat”.  Fakta ini memang tidak bisa kita pungkiri lagi dan sudah menjadi kebiasaan.

Haruskah kita menjadi orang yang kekinian?


Bagi sebagian orang, pasti disebut dengan istilah kekinian menjadi kebanggan tersendiri. Karena merasa terkenal didunia maya maupun dunia nyata. Akan tetapi, sebaiknya Anda harus berhati-hati dalam memposting suatu foto, mengapa foto? karena fotolah yang sekarang bisa menunjukkan kehidupan semua orang bahkan diseluruh dunia. Boleh saja, kita memposting foto di instagram atau facebook, tetapi tidak semua orang mempunyai kehidupan yang beruntung. Bisa saja, ketika Anda memposting foto Anda bersama gadget dan makanan yang enak, kemudian ada seseorang yang tidak bisa mendapatkan hal tersebut dan akhirnya merasa bahwa dirinya tidak bahagia. Hal ini membuat orang lain tidak bersyukur. Maka perlu berhati-hati, dalam semua tindakan yang dilakukan pada media sosial.

Dampak negatif media sosial yang digunakan secara tidak benar:

  1. Kebanyakan orang menghabiskan waktunya hanya untuk memposting foto dan status
  2. Membuat orang menjadi sombong
  3. Terjadinya kesenjangan sosial
  4. Bisa merugikan diri sendiri, seperti bisa terkena tindakan kejahatan

Jika kita berbicara dampak positifnya, sepertinya hampir tidak ada. Mungkin, jika kita menggunakan media sosial maka bisa berkomunikasi dengan saudara jauh atau bisa mendapatkan teman yang banyak. Menjadi kekinian sudah layaknya suatu keharusan bagi sebagian remaja, bisa kita lihat diinstagram banyak remaja yang memposting ketika dicafe, dimall dengan makanan yang mahal, berlibur ketempat-tempat terkenal dan masih banyak lagi.

Jangan sampai kita dirugikan dengan kemajuan zaman. Manfaatkan saja seperti untuk berjualan online atau forum diskusi. Sehingga kita tetap bisa mengikuti perkembangan zaman, namun tetap menjadi diri sendiri. Itu lebih baik, karena melihat fakta yang ada terlalu banyak sisi negatifnya. Bahkan, anak-anak dibawah umur pun bisa mengakses media sosial dengan mudah. Tidak dipungkiri, bisa saja mereka melihat konten dewasa yang tersebar diinternet. Sebaiknya, manfaatkan waktu luang untuk hal yang bermanfaat daripada hanya sekedar memamerkan apa yang dipunyai melalui foto. Lebih dekat dengan keluarga bisa membuat Anda terhindar dari hal-hal yang negatif, karena keluarga pasti akan saling melindungi dan memberikan nasehat. Tetap jadi diri sendiri ya!

Related posts:

No response yet for "Apa Itu 'Kekinian'? Harukah Kita Menjadi"

Post a Comment