Contoh Kalimat Efektif dan Kalimat Tidak Efektif

Dalam pendidikan berkaitan dengan lingkup tata bahasa kita mengenal yang namanya kalimat efektif dan kalimat tidak efektif. Lalu apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif ini?

Pengertian Kalimat Efektif


Kalimat efektif adalah sebuah kalimat yang mengungkapkan ide atau gagasan penulis yang disampaikan kepada pendengar atau pembaca yang mana pendengar atau pembaca dapat menerima gagasan tersebut secara mudah dan jelas.

Pengertian Kalimat Tidak Efektif


Kalimat tidak efektif adalah sebuah kalimat yang tidak memiliki atau mempunyai unsur-unsur yang terdapat pada kalimat efektif. Sebuah kalimat dapat dikategorikan sebagai kalimat tidak efektif apabila kalimat tersebut berisi unsur-unsur tertentu seperti diperlebar, berlebihan, tumpang-tindih, menggunakan kata depan yang tidak perlu, dsb.

Ciri-ciri Kalimat Efektif


Kesepadanan; Setiap kalimat efektif harus memenuhi unsur gramatikal yakni subjek, predikat, objek dan keterangan. Didalam kalimat efektif harus terdapat keseimbangan dalam pemakaian struktur bahasa.

Kecermatan untuk Pemilihan serta Penggunaan Kata; Untuk membuat kalimat efektif tidak diperbolehkan akan menimbulkan tafsiran ganda atau yang dikenal dengan ambigu.

Kehematan; Yang dimaksud kehematan dalam kalimat efektif yakni hemat dalam mempergunakan kata, frasa atau bentuk lain yang dinilai tidak perlu, tetapi tidak juga menyalahi struktur tata bahasa.

Kesimpulan Dari Kalimat Efektif dan Kalimat Tidak Efektif


Kalimat efektif: Sederhana, jelas, dan mudah dipahami.

Kalimat tidak efektif: Rumit, berbelok-belok, dan terkadang sulit dipahami oleh pendengar atau pembacanya.

Fungsi dari kalimat efektif adalah menyederhanakan sebuah ucapan atau tulisan namun disisi lain ucapan atau tulisan tersebut dapat ditangkap secara mudah oleh yang mendengar atau yang membaca.

Contoh Tidak Kalimat Efektif

  1. Lisa tidak ingin keluar rumah karena dia sedang tidak enak badan sehingga dia lebih memilih tetap didalam rumah saja.
  2. Jika saya punya banyak uang yang jumlahnya bermiliar-miliar, maka saya akan membeli semua barang yang saya inginkan dan aku akan merasa puas.
  3. Doni memilih diam karena dia tidak suka dengan kehadiran Roni yang dianggapnya sombong dan suka pamer.

Contoh Kalimat Efektif

  1. Sedang tidak enak badan, Lisa memilih dirumah saja.
  2. Kalau aku punya uang miliaran, aku akan beli apa yang aku inginkan.
  3. Tidak suka Roni karena sombong, Doni memilih diam.

Nah, demikian ringkasan dari pengertian, contoh serta fungsi dari kalimat efektif dan kalimat tidak efektif, semoga artikel ini berguna bagi Anda.

Related posts:

No response yet for "Contoh Kalimat Efektif dan Kalimat Tidak Efektif"

Post a Comment