Ini Manfaat Sayuran Bagi Tubuh Manusia

Ini Manfaat Sayuran Bagi Tubuh Manusia
Sayuran adalah makanan yang sebagian orang tidak menyukainya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya sayuran adalah makanan yang wajib Anda konsumsi setiap hari. Sayuran mengandung banyak serat yang dibutuhkan untuk tubuh agar proses pencernaan manusia lancar. Bukan hanya untuk pencernaan, serat yang terkandung didalam sayuran juga berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat sehingga tidak bisa diserap oleh tubuh manusia. Sayuran bisa dikonsumsi dengan cara dimakan mentah, dimasak atau dijus. Anda bisa mengkonsumsi sayuran sesuai dengan selera Anda. Karena bagaimana pun cara Anda mengkonsumsi sayuran, tetap saja manfaatnya akan Anda terima secara maksimal.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sayuran mempunyai banyak sekali jenis. sehingga Anda bisa memilih sayuran mana yang Anda sukai untuk dikonsumsi. Untuk orang yang sedang menjalankan program diet biasanya sayuran dikonsumsi mentah atau istilahnya dijadikan salad. Untuk dimasak, sayuran bisa diolah menjadi masakan apapun, yang sering dimasak oleh orang-orang biasanya ditumis, dioseng, disop dan dijadikan tambahan sebagai pelengkap masakan lainnya. Sayuran juga mudah untuk ditemukan bahkan bisa Anda tanam sendiri dirumah. Sayuran yang dijual dipasar tradisional tergolong murah harganya, sehingga Anda sudah mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan juga tidak perlu merogoh kocek yang banyak untuk membeli sayuran.
Mengenal manfaat sayuran berdasarkan jenisnya

Sayuran banyak sekali macamnya dan setiap sayuran mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Sebelum memasuki pembahasan manfaat sayuran secara khusus berdasarkan jenis sayuran, dibawah ini kami berikan manfaat sayuran secara umum :

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh
  2. Sebagai sumber utama serat
  3. Pencernaan menjadi lancar dan sehat
  4. Dapat mencegah penyakit kanker
  5. Sebagai sumber vitamin, gizi dan mineral

Dan untuk menjelaskan manfaat sayuran sesuai dengan jenis sayurannya, kami akan menjelaskan lebih rinci lagi agar bisa Anda pahami manfaatnya. Berikut penjelasannya :

1. Bayam
Dalam sayur bayam terdapat kandungan kalori, zat besi, vitamin A, B dan E, magnesium, kalium, asam folat dan kalsium. Manfaat zat-zat tersebut adalah menjaga kesehatan mata dan jantung, melancarkan pencernaan, untuk anemia, untuk tulang dan masih banyak lagi.

2. Brokoli
Kandungan dalam brokoli adalah vitamin A, B, C dan K, zat besi, kalori dan antioksidan. Manfaat brokoli bagi kesehatan adalah mengontrol kolesterol, meningkatkan sistem imun, mengontrol tekanan darah dan masih banyak lagi.

3. Kentang
Dalam kentang terdapat kandungan seperti fosfor, zat besi, karbohidrat, protein, lemak nabati dan kalsium. Manfaat kentang untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung, mencegah kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, pembentukan sel baru, kesehatan otak dan saraf dan masih banyak lagi.

4. Mentimun
Dalam mentimun terdapat kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, mangan, folat, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, zat besi, fosfor, seng dan tembaga. Manfaat dari mentimun adalah melindungi otak, asupan antioksidan, menjaga berat badan, untuk kesehatan gigi dan tulang, menjaga sistem perncernaan tetap sehat dan masih banyak lagi.

5. Wortel
Kandungan dalam wortel adalah vitamin A, vitamin C, protein, zat besi, karbohidrat dan kalsium. Manfaat dariwortel adalah meningkatkan sistem imun, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah stroke, menjaga kesehatan mata dan ginjal, menjaga kesehatan kulit dan masih banyak lagi.

6. Sawi hijau
Kandungan dalam sawi hijau juga tidak kalah baiknya dengan sayuran lain seperti vitamin K, mineral, vitamin A dan C, serat, zat besi, karbohidrat, lemak dan kalsium. Manfaat yang didapat dari sawi hijau adalah untuk menjaga kesehatan kulit, baik untuk penderita diabetes, mencegah kanker, menyehatkan tulang dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan mengenai manfaat sayuran bagi tubuh manusia. Sayuran yang kami jelaskan secara rinci diatas merupakan sayuran yang sering dikonsumsi sehari-hari. Sekarang Anda bisa mengetahui kandungan didalamnya dan betapa pentingnya sayuran dikonsumsi setiap harinya. Jika Anda atau anggota keluarga Anda ada yang tidak menyukai sayuran, buatlah kreasi makanan atau minuman agar sayuran tetap bisa dikonsumsi setiap hari. Hidup sehat itu mudah dan enak.

Related posts:

No response yet for "Ini Manfaat Sayuran Bagi Tubuh Manusia"

Post a Comment