Inilah Fakta Mengenai Air Mata

Inilah Fakta Mengenai Air Mata
Air mata adalah cairan yang keluar dari mata manusia ketika manusia tersebut merasakan emosi yang kuat. Cairan ini dihasilkan karena proses lakramasi yang disebut menangis.  Sebenarnya semua jenis manusia mempunyai sistem lakramasi, akan tetapi hanya manusia saja yang memiliki proses air mata. Manusia  akan mengalami emosi yang tinggi ketika marah, sedih, berduka, menderita atau sedang mengalami kesakitan.

Air mata sebenarnya berfungsi untuk melumasi mata agar tetap lembab dan tidak kering. Namun, ada perbedaan air mata yang berfungsi untuk melumasi dengan air mata yang keluar saat emosi tinggi. Terdapat beberapa jenis mata dan tentu saja fungsinya juga berbeda-beda. Alasan mengapa manusia bisa menangis, itu pun belum diketahui secara jelas penyebabnya.

Mengetahui 9 fakta tentang air mata  

Untuk mengetahui fakta tentang air mata, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai fakta-fakta tersebut. Berikut fakta-faktanya :

1. Jenis air mata
Air mata manusia ada 3 jenis yaitu air mata emosi, refleks dan basal. Fungsinya juga berbeda beda yaitu untuk air mata basal fungsinya menjaga kelembaban mata, air mata emosi adalah yang keluar ketika emosi atau menangis dan air mata refleks keluar ketika mata terkena benda atau zat asing seperti bawang merah, debu dan lain-lain. Ketika kita dalam kondisi normal, otak memerintahkan saraf simpatetik untuk menghalangi proses lakramasi sehingga tidak memproduksi air mata.

2. Wanita yang lebih sering menangis
Kelenjar air mata yang dimiliki wanita lebih besar daripada yang dimilik kaum pria, sehingga tidak heran jika wanita lebih sering menangis. Bukan hanya itu, wanita juga mempunyai perasaan yang lebih sensitif daripada pria. Sehingga lebih mudah terbawa emosi.

3. Cairan hidung keluar saat menangis
Saat menangis, terkadang kiat mengeluarkan cairan juga dari hidung. Ini diakibatnya menangis terlalu berlebihan, sehingga cairan air mata keluar melalui lubang hidung. Jadi, itu bukan ingus namun cairan air mata juga.

4. Bawang bisa membuat menangis
Bawang mengandung zat yang dapat merangsang kerja kelenjar acrimal tempat diproduksinya air mata.

5. Air mata buaya 
ternyata ini adalah sebuah kenyataan, karena buaya dapat mengeluarkan air mata tanpa adanya tekanan emosi, sehingga pengibaratan untuk orang yang menangis hanya pura-pura disebut air mata buaya.

6. Air mata melegakan perasaan
Mengeluarkan air mata ketika sedih dapat membuat lega, karena air mata yang dikeluarkan saat sedih mengandung hormon stress.

7. Penyebabnya tidak pasti
Menangis adalah hal yang dilakukan untuk mengungkapkan perasaan yang dirasakan dalam diri seseorang. Namun, untuk penyebab pastinya belum bisa diketahui secara jelas.

8. Kandungan air mata sama dengan air liur
Air mata dan air liur memiliki kandungan yang sama yaitu garam, protein dan hormon. Namun uniknya, air mata memiliki bau dan rasa yang berbeda jauh dengan air liur.

9. Air mata dapat mempengaruhi orang lain
Ketika ada seseorang yang menangis, maka kita juga akan merasa ingin menangis.

Itulah fakta mengenai air mata. Sangat unik bukan ? sekarang kita bisa lebih mengenal air mata yang identik dengan kesedihan. Ternyata banyak fakta tentang air mata yang belum kita ketahui. Kita hanya mengerti bahwa jika kita sedih, pasti kita akan menangis dan dalam tekanan emosi yang tinggi. Ketika kesakitan pun kita juga akan menangis. Air mata juga bermanfaat bagi kesehatan mata kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Related posts:

No response yet for "Inilah Fakta Mengenai Air Mata"

Post a Comment