Kenapa Ketakutan yang Teramat Sangat Bisa Memicu Keringat Darah?

Ketakutan yang teramat sangat bisa memicu keringat darah atau yang disebut dengan penyakit Hematidrosis. Penyakit langka ini memang belum dikenal luas, dan konon penyebabnya karena tekanan darah tinggi. Hematidrosis sering terjadi pada orang yang sedang dalam kondisi stress kecemasan dan ketakutan tinggi. Lalu bagaimana gejala dan apa yang harus dilakukan untuk para pasien agar tidak mengeluarkan keringat darah?

Bagaimana Pengaruh Ketakutan yang Teramat Sangat Bisa Memicu Keringat Darah?

Hematidrosis, si penyakit keringat darah dapat dipicu rasa ketakutan yang amat sangat atau rasa stress yang besar. Kelenjar keringat yang seharusnya mengeluarkan keringat berubah menjadi cairan berwarna merah (darah). Lalu bagaimana bisa rasa takut bisa menimbulkan satu gejala ekstrim ini? Pada dunis kesehatan pada umumnya jika seseorang sedang dalam keadaan takut dan stress maka kelenjar keringat akan memproduksi keringat dalam jumlah banyak. Untuk kasus Hematidrosis ketakutan tinggi membuat pembuluh darah kecil yang menjadi saluran ke kelenjar keringat mengecil, dan pada saat bersamaan pembuluh darah semakin lebar sehingga dapat memecah kapiler dalam kelenjar keringat akibatnya darah segar keluar dari pori-pori kulit.

Beberapa kasus keringat darah saat ketakutan teramat sangat pernah terjadi dan bisa diamali pada orang yang ketakutan menjelang hukuman mati, dan ketakutan pada saat berlayar di tengah badai. Nantinya efek lanjutan setelah seseorang mengeluarkan keringat darah adalah dehidrasi ringa, dan kelemahan. Kondisi tersebut harus cepat ditangani, jika tidak ada upaya penanganan maka frekuensi keluarnya keringat disertai darah akan sangat mudah meningkat seperti pada saat menangis saja si penderita akan mengeluarkan air mata disertai darah. Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini, hanya ada terapi khususnya dalam mengelola rasa takut dan stress.

Cara Menghilangkan Stress yang Berlebihan:

Ketakutan yang teramat sangat bisa membuat keringat darah, maka dari itu ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa stress.

1. Menghilangkan bayangan hal buruk yang belum terjadi
Seringkali rasa stress disebabkan karena pikiran kita sendiri yang menanggapi satu kejadian secara berlebihan. Padahal sebebarnya kejadian itu belum tentu terjadi pada kita dan mungkin tidak terjadi pada kita. Kecemasan setelah melihat kejadian buruk harus segera di hilangkan dengan cara menumbuhkan pikiran positif.

2. Menenangkan diri dengan teknik pernapasan dan relaksasi
Satu cara yang menarik dan bisa dilakukan oleh siapa saja, dengan menggunakan teknik pernapasan bisa mengurangi bahkan menghilangkan rasa cemas, takut, dan panik. Cara yang dilakukan cukup mudah hanya dengan belajar mengendurkan otot tubuh yang tegang melalui tarikan nafas dalam dan panjang.

3. Menerima segala rasa takut dan kekecewaan sebagai bagian dari hidup
Rasa takut dan cemas muncul karena kita belum bisa menerima segala bentuk perasaan negatif sebagai bagian dari hidup. Untuk melakukan banyak hal kota harus melakoni rasa yang tidak nyaman, dengan menyadari rasa itu kita akan lebih berkonsentrasi mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat daripada memikirkan rasa takut.

4. Berlatih menenangkan pikiran
Ketakutan bisa diatasi dengan cara menenangkan pikiran terlebih dahulu. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat pikiran menjadi tenang seperti meminum secangkir teh hangat, mandi dengan air hangat, jalan di sekitar rumah, dan melakukan hobi yang Anda sukai. Nantinya tubuh Anda akan merasa rileks dan pikiran akan lebih santai.

5. Berdoa
Membaca doa menjadi satu cara mengatasi ketakutan terbaik. Dengan berdoa, hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang sehingga rasa takut tidak akan mengendap dalam waktu lama.
Itulah penjelasan tentang ketakutan yang teramat sangat bisa memicu keringat darah beserta cara mengatasi rasa takut!

Baca juga artikel kesehatan:

Related posts:

No response yet for "Kenapa Ketakutan yang Teramat Sangat Bisa Memicu Keringat Darah?"

Post a Comment