Ketua DPR, Setya Novanto Terancam Dilengserkan Dari Jabatannya

Foto Setya Novanto
Foto Setya Novanto
Ketua DPR RI, Setya Novanto yang tidak lama ini menuai kontroversi lantaran bertemu dengan salah satu bakal calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali tersandung kasus baru. Kali ini, politikus Golkar itu dituding menjadi calo terkait perpanjangan kontrak PT. Freeport.

Adalah Sudirman Said yang membeberkan keterlibatan Setya Novanto dalam hal urusan perpanjangan kontrak perusahaan penambangan emas terbesar di Asia Tenggara itu. Menteri ESDM tersebut menuding Setya Novanto mencatut presiden Jokowi dan wakil presiden Jusuf Kalla untuk mendapatkan saham Freeport.

Terus didesak oleh sejumlah pihak untuk membeberkan ocehannya, menteri berkacamata itu akhirnya menyerahkan bukti transkrip pembicaraan antara Setya Novanto dengan petinggi Freeport yang kala itu turut dihadiri salah seorang pengusaha Indonesia yang namanya cukup dikenal dalam rana bisnis internasional.

Bukti transkrip pembicaraan Setya Novanto melakukan lobi terhadap pimpinan Freeport saat ini sudah diserahkan ke Mahkamah Kehormatan DPR (MKD). Sementara itu, MKD meminta Sudirman Said untuk turut memberikan bukti rekaman hasil percakapan Setya Novanto dan pihak-pihak terkait guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Jika nantinya politisi partai pohon beringin itu terbukti berusaha menjadi calo terkait perpanjangan kontrak Freeport, maka tidak menutup kemungkinan dirinya akan dikenai sanksi berat berupa pelengseran dari jabatannya sebagai ketua DPR.

Related posts:

No response yet for "Ketua DPR, Setya Novanto Terancam Dilengserkan Dari Jabatannya"

Post a Comment