Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Manfaat Buah Anggur
Buah anggur adalah buah yang sangat terkenal, yang dikembangkan di wilayah Eropa sekitar 6000 tahun yang lalu. Buah ini mempunyai rasa yang segar dan asam-asam manis. Buah anggur mempunyai 60 jenis varietas yang dapat dikonsumsi oleh semua orang diseluruh dunia. Buah anggur sebaiknya ditanam pada daerah dataran tinggi dengan curah hujan yang rendah. Buah anggur biasanya dimanfaatkan untuk dibuat sirup atau manisan dan dikonsumsi secara langsung.

Setiap jenis buah anggur mempunyai kandungan yang berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum kandungan dalam buah anggur terdiri dari 70% air, 20% gula dan asam galat, glukosida, asam fosfat, mangan, besi, vitamin dan kalsium 10%. Zat-zat tersebut baik bagi metabolisme tubuh manusia. Selain zat tersebut, juga ada kandungan polifenol dan resveratrol yang merupakan sumber antioksidan yang berguna untuk  menangkal radikal bebas masuk kedalam tubuh yang dapat membentuk sel kanker.

Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh

Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh manusia sangat banyak, sehingga buah anggur bukan hanya enak dikonsumsi tetapi mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat buah anggur tersebut ? berikut ulasannya :

1. Pemulihan otot
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah anggur dapat menghilangkan asam urat dan racun yang membayakan tubuh. Salah satu contohnya, bisa membantu proses pemulihan terhadap cidera yang berkaitan dengan otot.

2. Perlindungan dari sinar radiasi
Kandungan nutrisi dalam buah anggur dapat melindungi tubuh dari sinar radiasi. Contohnya ketika mengalami pengobatan kanker dengan sinar radiasi.

3. Meningkatkan kemampuan kognitif
Jus anggur yang dikonsumsi rutin 2-3 kali per minggu dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

4. Mineral
Didalam satu porsi anggur merah, kaya akan mineral yang sangat baik bagi tubuh manusia. Kandungannya seperti :
0,5 zat besi
0,2 mg tembaga
0,1 mg mangan
288 mg kalium
Didalam buah anggur merah terdapat zat-zat lainnya seperti magnesium, seng, kalium dan selenium.

5. Sumber vitamin
Didalam satu porsi anggur merah terdapat kandungan vitamin yang bervariasi.  Vitamin berfungsi untuk melancarkan sistem metaboliesme didalam tubuh. Kandungan vitamin tersebut seperti :
16 mg vitamin C
Beta karoten
Aplha karoten
Asam pantotenat
Vitamin A
Vitamin E
Vitamin B-6
Folat
22 mcg vitamin K
0,4 mg thiamin

6. Sumber karbohidrat
Didalam buah anggur terdapat kandungan phytonutrisi yang berfungsi untuk menyeimbangkan gula darah dalam tubuh.

7. Anti-mikroba
Kandungan antioksidan didalam buah anggur seperti resveratrol dan piceatannol dapat menghasilkan fitonutrien yang berfungsi sebagai anti mikroba.

8. Kesehatan jantung
Zat resveratrol dapat berfungsi melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah lebih mudah membuat jantung memompa secara maksimal.

Manfaat buah anggur bagi kesehatan kulit

Diatas kami sudah menjelaskan manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam penjelasan ini, kami juga akan memberikan penjelasan mengenai manfaat buah anggur bagi kesehatan kulit. Berikut ulasannya :

1. Mencerahkan kulit wajah
Kandungan antioksidan didalam anggur dapat membuat kulit wajah semain cerah. Cara menggunakannya adalah buah anggur dihancurkan dan dicampur dengan 1-2 tetes madu, kemudian dijadikan masker selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

2. Melembabkan kulit wajah
Buah anggur dapat digunakan sebagai perawatan alami untuk wajah yang berfunsgi melembabkan wajah. Cara menggunakannya adalah dengan mengiris buah anggur menjadi 2 bagian, kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat, lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu, pagi hari dan malam hari sebelum tidur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Melindungi dari kanker kulit
Kandungan zat resveratrol dapat melindungki kulit Anda dari sengatan sinar UV dan paparan sinar matahari langsung sehingga bisa mengkal datangnya sel kanker kulit.

Demikian artikel mengenai manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh manusia. Buah anggur mudah ditemukan, baik dipasar tradisional maupun modern, sehingga Anda tidak perlu repot jika ingin mengkonsumsi buah anggur, walaupun harganya relatif mahal akan tetapi manfaatnya pun luar biasa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi seluruh pembaca. Jaga kesehatan Anda dengan baik.

Related posts:

No response yet for "Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan"

Post a Comment