Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan
Kunyit biasanya digunakan sebagai bahan bumbu untuk masakan atau diolah menjadi jamu. Tetapi, kunyit juga mempunyai manfaat bagi kulit dan kesehatan tubuh. Jika untuk kulit, biasanya digunakan sebagai masker atau lulur. Kunyit mempunyai bau khas yang wangi dan juga warna kuning pada kunyit bisa menempel pada bagian yang terkena, contohnya tangan sehabis memegang kunyit warnanya akan berubah menjadi kuning. Kunyit juga bisa digunakan untuk bahan pewarna buatan, sehingga ini aman digunakan, karena asli berasal dari kunyit, yang memberikan warna kuning alami. Nama ilmiah dari kunyit adalah Curcumae domesticae rhizoma, dalam masyarakat terkadang kunyit juga disebut sebagai kunir. Dalam bahasa Banjar, kunyit disebut dengan sebutan janar. Kunyit merupakan tanaman rempah yang asli berasal dari  wilayah Asia Tenggara. Dengan seiring berjalannya waktu, pada jaman penjajahan kunyit menyebar hingga ke Malaysia, Indonesia, Afrika dan Asutralia. Hampir seluruh orang di Indonesia dan India, pernah memanfaatkan tanaman rempah ini sebagai bumbu masakan, jamu, obat dan perawatan kecantikan. Tanaman rempah ini sangat multifungsi, sehingga tidak heran bahwa tanaman ini sangat dicari banyak orang.

Di indonesia, tanaman yang satu ini sudah sangat mudah ditemukan. Bisa disebut berlimpah, karena proses penanaman kunyit juga mudah, bisa ditanam dirumah atau dikebun untuk tanaman sendiri. Untuk membelinya juga sangat mudah, dipasar tradisional pasti sudah banyak yang menjual dan harganya sangat murah. Jika Anda bertempat tinggal jauh dari pasar tradisional, dipasar swalayan pun pasti juga ada. Sehingga Anda tidak perlu khawatir. Tanaman kunyit ini, sangat sering juga digunakan dalam setiap bumbu masakan, sehingga pasti sering dicari orang.

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh

Kunyit mempunyai manfaat yang sanga banyak, baik bagi kesehatan tubuh juga untuk kesehatan kulit. Berikut ini kami jabarkan manfaat kunyit bagi kesehatan dan kulit.

  1. Dapat digunakan untuk pengobatan masalah inflamasi kulit dan psoriasis.
  2. Dapat mengurangi resiko terkena leukimia (kanker darah).
  3. Dapat digunakan untuk pengobatan penyakit pada tulang seperti, arthritis dan rheumatoid arthritis.
  4. Sebagai obat anti-inflamasi yang tidak ada efek sampingnya.
  5. Dapat mencegah metastasis dari berbagai bentuk sel kanker.
  6. Sebagai obat penghilang rasa sakit yang alami.
  7. Baik dalam metabolisme lemak dan menjaga berat badan tetap ideal.
  8. Kunyit bisa menjaga kulit agar tidak terkena kanker serta membuat melanoma mati dengan sendirinya.
  9. Bisa digunakan sebagai obat kanker pankreas.
  10. Dapat digunakan untuk proses detoksifikasi (pengeluaran racun) yang alami pada hati.
  11. Dapat digunakan sebagai obat depresi.
  12. Mengkonsumsi kunyit dengan kol, dapat mencegah tumbuhnya sel kanker prostate.
  13. Kunyit bersifat antiseptic, sehingga dapat berguna sebagai disinfektan untuk luka bakar ataupun luka biasa.
  14. Dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara.
  15. Dapat mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alzhaimer, yaitu dengan mengurangi penumpukkan plak pada bagian otak amyloyd.
  16. Sebagai obat untuk mengurangi efek samping dari kemoterapi.
  17. Membantu proses penyembuhan luka dan menghilangkan bekas luka.
  18. Dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang baru pada tumor.

Itulah manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh manusia, ternyata kunyit mempunyai manfaat yang sangat besar, sehingga tidak heran lagi, kunyit menjadi salah satu tanaman rempah yang paling dicari masyarakat. Jaga selalu kesehatan Anda dan manfaatkan bahan alami untuk menjaga kesehatan Anda.

Related posts:

No response yet for "Manfaat Kunyit bagi Kesehatan"

Post a Comment