Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan
Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh kita sangatlah banyak, seperti membuat tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Tubuh manusia mengandung 70% cairan, sehingga untuk memenuhi jumlah itu, kita harus meminum air putih sesuai dengan kadar kegiatan kita. Normalnya air putih yang diminum setiap harinya adalah 2 liter. Dengan rutin meminum air putih dengan jumlah yang benar, maka cairan pada tubuh kita akan terpenuhi sehingga membuat badan kita sehat. Air putih harus menjadi minuman wajib kita, karena sama sekali tidak berbahaya dan mengandung kalori.

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, sangat baik untuk rutin meminum air putih sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan. Anda bisa menakar sendiri, dengan melihat apa saja aktifitas yang Anda lakukan sehari-hari. Minumlah air sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan juga. Manfaat umum dari meminum air putih adalah menghilangkan rasa haus karena air putih sudah dicap merupakan minuman paling sehat dan  ketersediaannya selalu ada. Namun sebenarnya, banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari minum air putih yang teratur setiap harinya.

Manfaat minum air putih secara rutin:

Manfaat dari air putih tidak bisa dielak lagi, sebab sudah banyak bukti yang kita rasakan karena meminum air putih. Air putih adalah minuman yang sederhana dengan manfaat yang luar biasa. Berikut manfaat meminum air putih :

1. Menghilangkan rasa haus atau dehidrasi
Hal ini tentu saja kita rasakan setiap harinya, secara tidak sadar ketika kita mengalami dehidrasi pasti langsung meminum air putih karena air putih yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan baik, daripada jenis minuman lainnya. Selepas meminum air putih, tubuh kita akan kembali segar.

2. Memenuhi cairan tubuh
Dengan meminum air putih, cairan tubuh yang hilang akibat aktifitas akan kembali lagi. Karena harus memenuhi 70% cairan tubuh.

3. Untuk diet
Air putih juga berguna untuk mengontrol kalori dalam tubuh dan bisa menurunkan berat badan, namun tetap memberikan energi kepada kita.

4. Detox
Air putih juga bisa menjadi bahan untuk proses detox atau pengeluaran racun dalam tubuh melalui buang air kecil.

5. Kesehatan kulit
Meminum air putih secara rutin juga bisa membuat kulit kita sehat, cerah dan bersih. Karena kandungan mineral dalam air putih.

6. Menjaga fungsi ginjal
Jika kekurangan minum air putih, fungsi ginjal bisa terganggu. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling berharga sehingga kita harus selalu menjaganya.

7. Meningkatkan fungsi otak
Jika kita meminum air putih maka tubuh akan segar kembali sehingga dalam berpikir kita tidak akan kesulitan bukan seperti ketika tubuh terasa lemas karena dehidrasi. Oksigen dalam darah akan banyak sehingga menyuplai otak dengan baik.

8. Sebagai moodboster
Air putih bisa mengembalikan tubuh kita yang segar dari letihnya aktifitas yang membuat tubuh kita lesu dan lemah.

9. Mencegah berbagai penyakit yang membahayakan tubuh
Hal ini berkaitan dengan proses detox, karena semakin banyak racun yang keluar dari tubuh maka semakin baik kondisi tubuh kita, sehingga penyakit bisa menjauh.

Selain manfaat meminum air putih, ada juga cara agar Anda bisa meminum air putih secara rutin. Berikut penjelasannya:

  1. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, jeruk dan lain-lain.
  2. Membawa botol minuman sendiri untuk dibawa ketika beraktifitas.
  3. Berolahraga yang teratur karena pasti Anda akan haus, racun akan keluar melalui keringat dan buang air kecil.

Baca juga artikel kesehatan: Penyebab pori-pori besar dan cara mengatasinya

Demikian artikel mengenai manfaat meminum air putih untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, sebagaimana manfaat air putih yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Selalu bergaya hidup sehat maka Anda akan merasakan manfaatnya walau hanya dengan hal sederhana.

Related posts:

No response yet for "Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan"

Post a Comment