Manfaat Minum Madu Setiap Hari untuk Kesehatan


Manfaat Madu
Apakah Anda suka mengkonsumsi madu ? jika iya, itu sangat baik bagi kesehatan Anda. Madu adalah cairan yang bersifat kental yang berasal dari lebah atau serangga lainnya yang menghisap nektar. Namun, pada umumnya madu dihasilkan oleh lebah. Rasa madu sangat manis karena terdiri dari substansi glukosa, fruktosa dan monosakarida yang merupakan zat pemberi rasa manis pada gula. Didalam madu, kandungan gula dan vitamin yang lebih dominan daripda mineral. Bukan hanya itu saja, ada beberapa senyawa lainnya yang merupakan sumber antioksidan dari madu yaitu katalase, vitamin C, pinobanksin dan chrysin.

Kandungan air dalam madu sangat sedikit, sehingga membuat mikroorganisme tidak bisa berkembang dalam madu. Masyarakat pada umumnya, menggunakan madu sebagai selai untuk roti atau campuran untuk minum teh. Namun bukan hanya itu saja, untuk lebih sederhananya kebanyakan orang meminum madu secara langsung setiap harinya agar nutrisi dalam madu bisa langsung diserap oleh tubuh. Sudah banyak orang yang melakukan hal tersebut dan berkata mendapatkan manfaatkan yang luar biasa dari meminum madu setiap hari. Contohnya saja, madu membuat badan lebih terasa segar dan kulit menjadi sehat.

Mengenal manfaat meminum madu setiap hari

Madu memang disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan enak. Tetapi ternyata madu mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh maupun kulit kita jika dikonsumsi setiap hari. Apa sajakah manfaat madu tersebut. Berikut penjelasannya :

Dapat mengatasi susah tidur atau insomnia
Teh yang dicampur dengan kayu manis, jahe dan madu dapat menjadi minuman yang bisa menenangkan tubuh dimalam hari ketika Anda mengalami insomnia.

Meningkatkan sistem imun
Untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda, sebaiknya setiap hari nutrisi yang masuk kedalam tubuh harus cukup. Salah satu cara untuk memenuhi nutrisi tersebut adalah meminum madu setiap hari.

Menjaga sistem pencernaan
Untuk menjaga sistem perncernaan madu bisa menjadi campuran untuk minum susu.

Sebagai sumber energi
Karena madu mengandung karbohidrat yang banyak, sehingga dapat memberikan energi untuk aktifitas Anda jika diminum setiap hari.

Dapat menurunkan berat badan
Beberapa kandungan dalam madu seperti vitamin, mineral dan asam amino adalah zat yang dapat mengontrol berat badan Anda sehingga sangat baik bagi Anda yang sedang dalam program diet.

Sebagai anti-bakteri
Madu juga bisa sebagai anti-bakteri sehingga bisa menangkal bakteri yang akan masuk kedalam tubuh. Dan jika digunakan sebagai obat dari luar, maka madu bisa dioleskan ke luka bakar atau sengatan serangga. sehingga luka cepat mengering.

Mengurangi asma dan alergi
Madu merupakan anti-inflamasi yang alami sehingga bisa mengurangi asma dan alergi. Jika kita bersin, itu adalah tanda bahwa adanya alergi pada tubuh, sehingga jika meminum madu hal itu bisa berkurang.

Untuk merawat rambut
Untuk merawat rambut bisa dari dalam, yaitu dengan cara mengkonsumsi madu setiap hari. Manfaatnya rambut menjadi mengkilat, sehat dan tidak mudah rontok.

Untuk perawatan kulit
Madu bisa menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk perawatan kulit Anda. Jika dari luar, madu bisa dijadikan scrub untuk dicampurkan bersama tomat. Bukan hanya scrub, campuran tersebut bisa dijadikan masker yang digunakan 15 menit kemudian dibersihkan dengan air hangat. Manfaat yang Anda dapatkan yaitu, kulit menjadi putih, bersih, sehat dan kenyal. Untuk perawatan dari dalam, madu bisa diminum setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Apakah Anda tertarik meminum madu setiap hari ? jika kita lihat manfaatnya, sangat menakjubkan. Karena madu juga tergolong mudah dicari dan harganya tidak terlalu mahal, jika dibandingkan dengan khasiatnya, harganya tidak seberapa. Kesehatan tubuh dan kulit bisa kita dapatkan hanya dengan meminum madu setiap hari. Selamat mencoba.

Related posts:

No response yet for "Manfaat Minum Madu Setiap Hari untuk Kesehatan"

Post a Comment