Manfaat Rajin Berjalan Kaki Setiap Hari Untuk Kesehatan

Manfaat Rajin Berjalan Kaki Setiap Hari Untuk Kesehatan
Jalan kaki adalah salah satu olahraga paling murah yang bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun. Selain tidak memerlukan kahlian khusus, jalan kaki juga tidak menggunakan pakaian dan peralatan olahraga yang mahal. Hanya dengan bermodal alas kaki berupa sepatu dan celana training panjang. Meski menjadi olahraga paling murah, ternyata berjalan kaki secara rutin memberikan dampak baik bagi tubuh. Lalu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari berjalan kaki secara rutin?

Berikut manfaat berjalan kaki secara rutin bagi kesehatan:

1. Menurunkan resiko terkena penyakit
Ternyata berjalan kaki secara rutin bisa mengurangi resiko terkena diabetes, asma, dan bahkan beberapa jenis kanker. Banyak studi penelitian mempelajari dampak dari berjalan kaki dan hasilnya berjalan kaki bisa mengurangi resiko terkena diabetes sampai 60 %. Tidak hanya itu, bagi orang yang rutin berjalan kaki dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, kanker payudara, kanker rahim, dan kanker usus besar.

2. Memperkuat Jantung
Jalan kaki rutin setiap hari terbukti mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Aktifitas olahraga ringan bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta bisa menjaga tekanan darah. Berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan mengurangi potensi terjadinya stroke.

3. Mengurangi Resiko Terjadi Demensia
Aktifitas secara fisik memiliki dampak melindungi fungsi otak, dan olahraga secara rutin sbisa mengurangi resiko terkena demensia hingga 40%.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil
Aktifitas jalan kaki ternyata mampu membakar sekitar 75 kalori jika Anda berjalan kaki selama 30 menit. Jalan kaki secara rutin bisa menjadi satu cara dalam program diet.

5. Mencegah Tejadinya Osteoporosis
Berjalan kaki bisa mengurangi terjadinya Osteoporosis karena bisa merangsang dan memperkuat tulang dengan meningkatkan kepadatannya. Selain mencegah penyakit tulang punggung, jalan kaki juga bisa menjaga kondisi  sendi tetap baik.

6. Membentuk Bahu
Kecepatan tangan pada saat berjalan ternyata bisa membentuk bahu, tahap kenyamanan tangan dari menekuk siku dan mengayun ke belakang kemudian ke depan bisa mengangkat lengan, bahu, dan punggun bagian atas.

7. Memperkuat dan Membentuk Kaki
Kegiatan berjalan bisa memperkuat dan membentuk betis, paha, dan mengangkat glutes. Berolahraga rutin dengan berjalan kaki bisa menjadi program dalam membentuk postur tubuh yang lebih indah.

8. Tubuh Lebih Berenergi
Jalan kaki secara cepat bisa menjadi satu penghasil energy alami dan dapat meningkatkan suplai oksigen ke dalam setiap sel tuuh. Sendi-sendi yang kaku akan menjadi rileks dan bisa mengurangi ketegangan otot sehingga tubuh terasa prima.

9. Meningkatkan Kadar Vitamin D
Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari, berjalan kaki di siang atau sore hari dapat menambah kandungan vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D berguna bagi tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan kekebalan tubuh.

10. Membuat Lebih Bahagia
Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan psikologi manusia, maka dari itu berjalan kaki secara rutin membuat tubuh melepas hormone endrfin ke dalam aliran darah sehingga bisa mengurangi stres dan kecemasan.

Baca juga artikel kesehatan: Kenali 9 gejala diabetes kering

Itulah tadi manfaat berjalan kaki secara rutin bagi kesehatan. Perilaku hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rajin berolahraga mampu menghindarkan Anda dari beberapa penyakit kronis. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Related posts:

No response yet for "Manfaat Rajin Berjalan Kaki Setiap Hari Untuk Kesehatan"

Post a Comment