Pengertian Bisnis Franchise, Usaha Waralaba Dengan Untung yang Menggiurkan

Pengertian Bisnis Franchise, Usaha Waralaba Dengan Untung yang Menggiurkan
Mungkin Anda pernah mendengar bisnis franchise, namun tidak benar-benar mengerti maksud dari bisnis tersebut. Menurut undang-undang Peraturan Pemerintah No 16 tahun 1997 bahwa bisnis franchise atau waralaba adalah suatu bentuk kerjasama dimana pemberi waralaba (franchisor) memeri izin kepada penerima waralaba (franchiesee) untuk menggunakan hak intelektual seperti nama, merek dagang, jasa, dan sistem operasi usahanya.

Bisnis franchise adalah satu cara yang sering digunakan bagi para pebisnis pemula yang ingin membuka bisnis usaha kecil sampai menengah tanpa mengeluarkan modal besar. Dengan bisnis franchise ini para pebisnis pemula bisa mendapat keuntungan yang menggiyurkan. Bisnis waralaba adalah salah satu usaha yang sangat menggiurkan dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Sebenarnya ada banyak peluang usaha yang bisa dilakukan oleh siapa saja, apalagi bisnis franchise ini dapat dilakukan oleh kalangan mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga. Salah satu jenis bisnis franchise yang saat ini semakin diminati adalah makanan dan minuman. Kenapa bisa banyak peminatnya? Ternyata makanan dan minuman menjadi kebutuhan pokok bagi manusia jadi bisnis ini dijamin akan terus ada sampai kapan pun.

Di Indonesia sendiri bisnis franchise semakin berkembang dengan cepat, hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya:

1. Kenaikan Permintaan
Naiknya permintaan membuat peluang bisnis ini semakin berkembang cepat. Jika Anda sedang melakukan usaha franchise sebisa mungkin memanfaatkan peluang karena bertambahnya permintaan menandakan pangsa pasar untuk produk Anda sedang terbuka.

2. Ketersediaan Tenaga Kerja
Jika bisnis franchise Anda sudah berjalan baik dan semakin luas maka akan membutuhkan tenaga kerja. Akan terasa sulit untuk mengurus semua urusan bisnis hanya mengandalkan satu orang saja. Anda bisa merekrut tenaga kerja dengan keterampilan di bidangnya.

3. Tingginya Pengembalian Investasi
Bisnis franchise termasuk dalam bisnis dengan peluang keuntungan tinggi. Resiko untuk rugi hampir tidak terjadi jika jaringan pasar Anda kuat. Dengan peluang keuntungan tinggi maka modal atau investasi akan semakin cepat kembali.

4. Faktor Motivasi
Sebagai seorang pebisnis dalam bidang apapun sebaiknya dilakukan dengan total dan tidak setengah-setengah. Perlu motivasi dan keyakinan tinggi untuk menjalankan bisnis franchise ini. Kepercayaan adalah hal mutlak yang harus dijunjung tinggi oleh setiap pelaku franchise.

Bisnis franchise tentunya bisa menjadi sumber penghasilan bagi pelakunya, dan saat sudah menyebar di berbagai penjuru kota. Peluang usaha ini semakin ramai pada daerah perkotaan atau kota-kota besar dan nantinya jika bisnis ini dapat menjangkau seluruh pelosok negeri maka setiap pinggir jalan aka nada banyak pedagang menjajakan dagangannya dengan bantuan franchise ini.
Jika Anda berminat, namun masih bingung untuk menentukan bisnis apa yang akan dijalanakan, berikut kami pilihkan beberapa peluang bisnis franchise yang saat ini banyak diminati masyarakat.

Berikut Beberapa Contoh Bisnis Franchise:

1. Franchise Jus Buah
Peluang jenis franchise jus buah ini tiap tahun semakin banyak peminatnya. Peluang bisnis jus buah akan semakin besar jika Anda menjual produk jus di lokasi dan waktu yang tepat. Untuk lokasi usahakan pada tempat ramai atau sekitar kampus dan sekolahan, untuk waktunya pilih pada musim panas.

2. Franchise Chicken
Banyak merek-merek dari bisnis chicken ini yang bisa Anda lobi. Pangsa pasar untuk bisnis franchise chicken bisa dilakukan dimana saja bahkan di pedesaan sekalipun.

3. Franchise Tahu Crispy
Jenis franchise ini tiap tahun semakin banyak dijumpai. Tentu tahu crispy banyak disukai untuk makanan cemilan. Lagi-lagi untuk meningkatkan pendapatan dari bisnis tahu crispy Anda harus memilih lokasi usaha yang tepat.

Baca juga artikel bisnis lainnya:

  1. Pengertian dan cara berbisnis dropship
  2. Ketahui manfaat internet bagi dunia bisnis
  3. Pengertian dan tips sukses bisnis grosir


Itulah tadi beberapa informasi mengenai pengertian bisnis franchise dan beberapa faktor beserta contohnya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Related posts:

No response yet for "Pengertian Bisnis Franchise, Usaha Waralaba Dengan Untung yang Menggiurkan "

Post a Comment