Pengertian dan Cara Berbisnis Dropship

Pengertian dan Cara Berbisnis Dropship
Pernahkah Anda mendengar bisnis Dropship? Mungkin Anda pernah melakukan bisnis ini tanpa tahu apa arti sebenarnya dari Dropship. Bisnis Dropship ini merupakan sistem berjualan dimana Anda tidak perlu mempunyai produka atau jasa yang akan ditawarkan. Namun Anda bisa mengambil produk langsung dari produsen untuk kembali dipasarkan melalui media pemasaran. Saat ini cara yang paling sering digunakan dalam memasarkan produk Dropship adalah melalui media sosial. Memang cara ini terbilang mudah, konsumen hanya perlu melihat produk dari postingan di media sosial kemudian menghubungi supplier dan mentransfer pembayaran ke rekeneing Anda. Ada satu ciri khas dari sistem Dropship ini yakni supplier akan mengirimkan paket dengan identitas pengirimnya adalah Anda sendiri, seolah-olah Anda yang mempunyai barang dan berjualan.

Sebelum masuk ke cara berbisnis Dropship, perlu Anda ketahui beberapa keuntungan dan keunggulan dari bisnis usaha sampingan ini.

Berikut Keunggulan Bisnis Dropship:

1. Mempunyai Modal Kecil
Dalam memulai atau menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjalankannya. Anda tinggal menawarkan informasi kepada orang lain tentang produk tanpa harus memiliki stok barangnya. Secara umum bisnis ini sangat aman bagi para pemula dan tidak memerlukan tenaga lebih. Yang dibutuhkan dalam bisnis ini adalah ketersediaan waktu dan tenaga dalam menjawab pertanyaan dari konsumen.

2. Menggunakan Sambungan Internet
Dalam menawarkan produk diperlukan sambungan internet. Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Blog bisa menjadi senjata andalan dalam memperkenalkan produk. Intinya semakin mudah Anda dihubungi maka konsumen akan semakin senang. Usahakan gambar atau tampilan produk mirip seperti aslinya.

3. Tidak Memerlukan Biaya Operasional
Untuk berbisnis Dropshipper Anda tidak perlu mengeluarkan biaya operasional. Cukup dengan biaya koneksi internet saja dan membat rekening khusus untuk transfer maka Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

4. Produk Bervariasi
Produk dalam bisnis Dropship haruslah bervariasi dan mungkin Anda membutuhkan katalog untuk melihat stok barang yang disediakan oleh supplier. Anda bisa memilih sendiri barang apa yang akan ditawarkan ke konsumen.
Dari beberapa keunggulan tersebut para dropshipper juga harus mengetahui tips-tips dalam menjalankan bisnis ini. Lalu apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

Berikut Tips dalam Berbisnis Dropship:

1. Cari Suplier Yang Selalu Aktif
Suplier menjadi satu faktor pentinga dalam menjalankan bisnis dropship. Sebisa mungkin dapatkan supplier yang selalu aktif dalam menjawab setiap pertanyaan dan keluhan. Bisa dibayangkan jika supplier Anda tidak aktif atau lama dalam membalasa pesan Anda maka bisa-bisa konsumen akan pergi karena pelayanan Anda yang tidak cepat tanggap.

2. Perhatikan Kualitas Produk yang Anda Jual
Sebagai dropshipper Anda harus dituntut selalu memperhatikan jenis barang yang ditawarkan. Untuk lebih memudahkan dalam stransaksi lebih baik gunakan kode dan pasang gambar dalam satu kategori terlebih dahulu.

3. Buat Kesepakatan Dengan Suplier
Kesepakatan dengan supplier tentang jual beli bisa dilakukan dengan meminta alamat pengirimnya dan diganti dengan nama Anda atau website yang Anda punya. Bila perlu minta garansi personal jika nantinya kedapatan barang yang rusak.

Baca juga artikel bisnis berikut:


Dalam menjalankan bisnis dropship ini sebaiknya Anda menjalankan setiap poin dari tips-tips di atas tadi. Nantinya jika sistem usaha Dropship berjalan dengan lancar maka pundi-pundi untung akan terus mengalir ke rekening Anda. Itulah tadi beberapa pengertian dan tips dari bisnis dropship. Bila berminat dengan bisnis ini Anda bisa mencobanya.

Related posts:

No response yet for "Pengertian dan Cara Berbisnis Dropship"

Post a Comment