Pengertian GSM, 2G, 3G, 4G

Pengertian GSM, 2G, 3G, 4G
Apa itu GSM, 2G, 3G, 4G? Dalam dunia teknologi seluler kita mendengar yang namanya GSM, 2G, 3G hingga 4G. Lalu apakah yang dimaksud itu semua? Pada artikel ini saya akan membahasnya secara ringkas guna memberikan pemahaman kepada sahabat pembaca yang mungkin saja masih belum sepenuhnya memahaminya.

Teknologi terus berinovasi. Jika dulunya ponsel hanya dapat digunakan untuk memanggil, kemudian muncul fitur tambahan berupa fitur pesan singkat atau SMS, kemudian muncul fitur baru lagi berupa fitur pengiriman multimedia message atau MMS, hingga diera seperti sekarang ini dimana smartphone atau ponsel cerdas yang sudah dibekali beragam fitur hebat didalamnya.

GSM adalah sebuah kelas jaringan standard dimana dengan mengandalkan teknologi GSM ini manusia dimungkinkan untuk menggunakan ponsel seluler mereka menelepon. Dengan jaringan GSM ini, kita hanya dapat menggunakan telepon seluler kita untuk menelepon. Sementara untuk akses internet kita membutuhkan setidaknya dukungan teknologi 2G atau GPRS.

Berikut pengertian GSM - 4G secara ringkas:

Pengertian GSM

GSM (Global System for Mobile Communications). GSM merupakan salah satu standar sistem komunikasi nirkabel (wireless) yang memungkinkan manusia untuk melakukan aktivitas komunikasi via telepon dalam bentuk suara.

Pengertian 2G

Teknologi 2G ini muncul yang merupakan pembaharuan dari GSM. Dengan teknologi generasi kedua ini, kita dapat menggunakan telepon genggam kita untuk mengirim multimedia message (MMS) hingga mengakses jaringan internet menggunakan koneksi GPRS.

Pengertian 3G

3G adalah jaringan generasi ketiga, pembaharuan dari jaringan sebelumnya, yaitu 2G. Secara teknis, jaringan 3G memiliki banyak keunggulan dibanding jaringan-jaringan terdahulu, seperti kecepatan akses, Dengan menggunakan jaringan 3G, akses internet dapat berjalan lebih cepat yang memungkinkan kita untuk melakukan video calling atau streaming video online.

Pengertian 4G

4G merupakan pembaharuan dari jaringan ketiga, yaitu 3G. Jaringan 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra pada berbagai perlengkapan elektronik, contohnya smartphone dan laptop menggunakan modem USB. Ada dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan didunia yakni standar WiMAX (Korea Selatan, mulai 2006) dan standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia, mulai 2009). Di Indonesia, teknologi 4G saat ini baru tersedia di kota-kota besar.

Related posts:

No response yet for "Pengertian GSM, 2G, 3G, 4G"

Post a Comment