Pengertian Legislatif, Eksekutif, Yudikatif Serta Fungsinya

Pengertian Legislatif, Eksekutif, Yudikatif
Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari berbagai lembaga kenegaraan sesuai dengan fungsionlitasnya masing-masing. Dalam menjalankan roda pemerintahan, Indonesia dikendalikan oleh sejumlah lembaga penting, salah satunya adalah DPR (dewan perwakilan rakyat). DPR sebagai dewan perwakilan rakyat punya andil besar dalam menjalankan roda pemerintahan di Tanah Air.

Dalam struktur kepemerintahan Indonesia kita mengenal yang namanya Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif. Kesemuanya merupakan unsur-unsur struktural terpenting dalam pemerintahan Indonesia. Mungkin masih ada masyarakat yang sebenarnya belum sepenuhnya memahami apa itu Legislatif hingga Yudikatif.

Bagi Anda yang belum sepenuhnya paham, melalui artikel ini saya akan menjelaskan kepada Anda fungsi masing-masing lembaga yang saya sebutkan diatas. Apa definisi serta fungsi dari Legislatif, Eksekutif serta Yudikatif? Berikut penjelasan ringkas yang dapat saya paparkan melalui kolom artikel ini terkait pengertian serta peran Legislatif, Eksekutif, serta Yudikatif.

Pengertian Legislatif

Legislatif adalah sebuah lembaga kenegaraan di Indonesia yang dalam hal ini memiliki tugas untuk membuat atau menciptakan produk undang-udang. Lembaga yang disebut sebagai lembaga legislator adalah DPR. Jadi, jika Anda bertanya "apa sih salah satu tugas pokok DPR itu?", maka jawabannya, salah satu tugas utama DPR adalah membuat undang-undang.

Pengertian Eksekutif

Yang masuk dalam lingkaran eksekutif adalah presiden, wakil presiden serta jajaran kabinet dalam pemerintahan. Jajaran kabinet dalam sebuah pemerintahan dalam hal ini pemerintahan Republik Indonesia adalah para menteri yang telah ditunjuk dan dilantik secara resmi oleh presiden.

Pengertian Yudikatif

Jika legislator adalah DPR, dan eksekutif adalah presiden beserta wakil dan para menteri anggota kabinet, maka yudikatif adalah lembaga yang memiliki tugas untuk mengawal serta memantau jalannya perundang-udangan atau penegakan hukum di Indonesia, seperti MA (mahkamah agung), dan MK (mahkamah konstitusi).

Fungsi legislatif, eksekutif, dan yudikatif

Dari uraian diatas, tentunya sudah dapat dipahami bahwa tugas legislatif adalah untuk membuat undang-undang. Tugas eksekutif sebagai eksekutor atau pelaksana, dan fungsi dari yudikatif adalah sebagai lembaga pengawal serta pemantau jalannya roda pemerintahan dengan menjadikan hukum sebagai acuan.

Demikian artikel singkat tentang pengertian dan fungsi legislatif, eksekutif serta yudikatif, semoga penjelasan singkat diatas bermanfaat bagi Anda.

Related posts:

7 Responses for "Pengertian Legislatif, Eksekutif, Yudikatif Serta Fungsinya"

  1. Thanks penjelasannya. Simple, dan jelas banget. Sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. Makasih jawaban nya.. singkat, tepat dan bermanfaat...

    ReplyDelete
  3. terimakasih jawabannya. amat sangat bermanfaat..

    ReplyDelete