Pengertian Parlemen dan Fungsinya

Apa itu parlemen dan apa fungsi parlemen? Dalam tata pemerintahan kita mengenal yang namanya parlemen, lalu apakah sebenarnya parlemen itu dan apa sajakah fungsi dari parlemen ini?

Indonesia adalah sebuah negara yang dilengkapi sejumlah unsur kelembagaan yang mana salah satunya adalah parlemen yang merupakan salah satu unsur lembaga kenagaraan dengan fungsi yang sangat sentral.

Pengertian Parlemen

Parlemen adalah sebuah lembaga legislatif, yaitu sebuah lembaga yang memiliki fungsi atau tanggung jawab untuk menciptakan sebuah produk undang-undang. Yang dimaksud dengan parlemen adalah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Fungsi Parlemen

Seperti dijelaskan diatas, secara umum parlemen memiliki tugas pokok berupa menghasilkan undang-undang. Namun, fungsi dari parlemen ini sebenarnya cukup kompleks. Secara luas, fungsi dari parlemen di Indonesia adalah berkaitan dengan (i) fungsi perwakilan, yaitu pertama-tama untuk mewakili kepentingan rakyat yang berdaulat dengan cara duduk di lembaga perwakilan rakyat; (ii) fungsi permusyawaratan bersama dan deliberasi untuk pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan dan untuk mencapai tujuan bersama dalam masyarakat. Kedua fungsi pokok tersebut dijabarkan dalam tiga kegiatan pokok yang selama ini lebih dikenal dan biasa disebut sebagai fungsi parlemen, yaitu (a) fungsi legislasi, (b) fungsi pengawasan, dan (c) fungsi anggaran.

Fungsi legislasi umumnya berkaitan dengan pengertian pembentukan undang-undang. Sejatinya, fungsi legislasi adalah memiliki kaitan dengan agenda pembentukan kebijakan publik yang disepakati secara bersama oleh para anggota dewan dengan mengatasnamakan seluruh rakyat yang diwakili. Supaya kebijakan-kebijakan nantinya bersifat mengikat, maka diwujudkan dalam bentuk hukum tertentu sebagai "legislative acts". Oleh yang demikian, fungsi legislasi adalah disebut sebagai fungsi pembentukan undang-undang.

Guna melaksanakan kebijakan yang diwujudkan dalam bentuk undang-undang yang mengikat, dalam hal ini dibutuhkan langkah-langkah susulan, berupa (i) dalam bentuk peraturan pelaksanaan (executive acts), (ii) dalam bentuk program aksi (executive actions). Semua undang-undang, pada awalnya harus dijabarkan dalam bentuk peraturan-peraturan pelaksanaannya, seperti Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Presiden (Perpres), dan peraturan-peraturan sejumlah lembaga pelaksana undang-undang lainnya. Semua kebijakan yang telah diwujudkan dalam undang-undang diharuskan pula tercermin dalam program aksi yang terwujud dalam bentuk dukungan anggaran dalam APBN serta APBD.

Baca juga artikel: Syarat dan cara mengajukan KPR ke bank

Demikian pengertian Parlemen beserta fungsi-fungsinya. Semoga artikel singkat ini berguna bagi Anda.

Related posts:

No response yet for "Pengertian Parlemen dan Fungsinya"

Post a Comment