Pengertian Penyakit Alzheimer dan Cara Pencegahannya


Pengertian Penyakit Alzheimer dan Cara Pencegahannya
Mungkin Anda belum pernah atau jarang mendengar penyakit alzheimer. Ternyata penyakit tersebut dari tahun ke tahun semakin meningkat khususnya di negara maju. Menurut beberapa penelitian, alzheimer merupakan satu kondisi neurologis yang ditandai dengan menurunnya daya ingat secara bertahap disertai dengan perubahan kemampuan dalam mengekspresikan diri dan perubahan kepribadian. Di Indonesia alzheimer bisa dikatakan dengan penyakit pikun. Tentunya setiap penyakit ada faktor penyebabnya, untuk Alzheimer dikarenakan adanya akumulasi dari gumpalan protein dan terjadinya kekusutan dalam serabut sel saraf otak yang menyebabkan kematian sel otak. 

Sebagian besar penderita penyakit ini diderita oleh kalangan manula atau usia diatas 50 tahun. Namun akhir-akhir ini ada beberapa kasus terjadi di bawah umur 50 tahun. Alzheimer ternyata merupakan bagian dari siklus manusia dimana otak mengalami penurunan, namun resikonya dapat meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Meskipun belum ada obat untuk menyembuhkannya melakukan perawatan dapat memperbaiki kualitas hidup pengidapnya. Lalu apa saja gejala dari alzheimer ini?

1. Kurangnya daya ingat
Seperti yang kita ketahui semakin tua maka daya ingat seseorang ikut menurun, hal yang sama terjadi pada pengidap Alzheimer ini dimana terdapat masalah dalam ingatan dan berlangsung lama serta dapat lebih parah. Beberapa ciri dari luar yang bisa menjadi patokan diantaranya selalu mengulangi sesuatu yang sudah dikerjakan, lupa akan janji atau lupa yang sudah dikatakan dalam waktu singkat, sering menaruh barang yang tidak wajar di suatu tempat seperti menaruh sepeda di kamar tidur, lupa dengan nama anggota keluarga. 

2. Kesulitan dalam berbicara
Pada penderita alzhaimer akan terasa sulit menemukan kata yang tepat untuk menyampaikan pendapat pada saat terlibat pembicaraan. Seiring berjalannya waktu penderita akan lupa total cara menulis dan membaca.

3. Tidak dapat berhitung
Seseorang penderita Alzheimer akan mengalami sulit berhitung karena otak sudah merasa sulit untuk berpikir secara abstrak.

4. Mengalami disorientasi
Penderita akan sulit mengingat hari, tanggal, dan tahun padahal hal itu sudah sangat familiar dan sering dilihat.

5. Sulit mengambil keputusan
Penderita alzhaimer akan merasa kesulitan dalam hal memutuskan dan menilai sesuatu. Seringkali melakukan pekerjaan sehari-hari akan terasa sangat sulit padahal hanya sederhana seperti menyapu dan lain-lain.
6. Sulit melakukan hal sederhana
Karena otak semakin menurun dalam hal melakukan kegiatan sederhana sekalipun akan terasa sulit. Memasak, menyapu, bahkan memakai baju dan celana terkadang sering lupa.

7. Kepribadian yang berubah
Seringkali faktor emosi pada penderita Alzheimer ini akan terlihat perubahan dalam suasana hati, kepercayaan diri menghilang, depresi, gelisah, agresif, dank eras kepala.

Itu tadi beberapa ciri-ciri dari Alzheimer, lalu apa saja faktor penyebab dari penyakit ini? Berikut ulasannya.

Tidak ada satu faktor untuk menjadi penyebab Alzheimer ini, namun beberapa ilmuwan mempercayai bahwa penyakit ini merupakan akibat dari gaya hidup, genetic, dan faktor lingkungan yang menyebabkan kerusakan pada otak. Untuk kerusakan otak dibedakan menjadi dua yaitu adanya plak dan kusut. Tidak hanya itu saja ada beberapa faktor resiko dari Alzheimer ini diantaranya

- Faktor Usia
Rata-rata penderita Alzheimer ini disandang oleh kaum manula atau di atas 65 tahun namun bisa saja menyerang pada usia dibawah 40 tahun. Pada usia 85 tahun ke atas resikonya bisa jauh lebih besar.

- Faktor Keturunan
Kemunculan Alzheimer akan semakin terlihat pada keturunan dari orang tua atau saudara yang sudah pernah mengidap penyakit Alzheimer.

- Faktor Gaya Hidup
Gaya hidup dengan menerapkan salah dalam konsumsi makanan dan jarang berolahraga bisa menjadi faktor pencetus. Namun ada juga keterkaitan dari beberapa penyakit lainnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan tingginya gula darah. 

Untuk mencegah terjadinya Alzheimer ini ada beberapa percobaan vaksin untuk mengurangi dampaknya, namun dihentikan karena bisa menyebabkan peradangan otak. Cara alami untuk mencegah atau memperlambat terjadinya Alzheimer adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, melatih fisik dan mental, serta banyak membaca agar otak terus terlatih

Baca juga artikel kesehatan:

Related posts:

No response yet for "Pengertian Penyakit Alzheimer dan Cara Pencegahannya"

Post a Comment