Pengertian Post Power Syndrome, Gejala dan Cara Mengatasinya


Pengertian Post Power Syndrome, Gejala dan Cara Mengatasinya
Pada zaman era modern seperti saat ini berbagai penyakit bermunculan. Seperti yang kita ketahui penyakit dibedakan menjadi dua yakni fisik dan batin atau jiwa. Salah satu penyakit yang sedang tenar di kalangan dunia adalah Post Power Syndrome. Mungkin Anda tidak pernah mendengar atau melihat orang yang mengidap penyakit ini. Tentu saja Post Power tersebut merupakan gejala dari satu penyakit jiwa. Lalu bagaimana arti dan gejala dari Porst Power Syndrome ini? Berikut ulasannya.

Pengertian Post Power Syndrome

Sebelum masuk ke gejala dan cara mengatasinya, perlu Anda ketahui arti dari penyakit ini. Syndrome memiliki arti kumpulan dari gejala-gejala, sedangkan Power berarti kekuasaan. Jadi arti dari Post Power Syndrome tersebut merupakan gejala negative yang muncul dari diri seseorang yang tadinya memiliki kekuasaan atau menjabat satu jabatan kemudian tidak menjabat lagi. Seketika itu juga muncul gejala kejiwaan dan emosi yang tidak stabil.

Pada intinya Post Power Syndrome merupakan gejala kejiwaan dimana penderita hidup dalam masa kebesaran di saat memegang jabatan atau kekuasaan, bisa dikatakan tidak ingin menghadapi dan menerima kenyataan yang ada dan berusaha untuk tetap memegang kekuasaan meskipun sudah tidak lagi. Biasanya penyakit kejiwaan ini diderita oleh kalangan pegawai negeri dan banyak diderita pada usia 60 tahun ke atas. Lalu apa saja gejala yang muncul dari penyakit Post Power Syndrome ini?

Gejala Post Power Syndrome

Untuk gejala penyakit Post Power Syndrome ini dilihat dari tiga aspek yakni gejala fisik, gejala emosi, dan gejala perilaku. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya untuk setiap aspek.

Gejala Fisik
Untuk orang yang mengalami Post Power Syndrome akan memunculkan gejala fisik dimana kadangkala merasa atau lebih terlihat cepat tua dari pada saat menjabat atau masih bekerja. Ciri yang paling mencolok adalah warna rambut yang cepat berubah menjadi putih, kulit menjadi keriput, terlihat sering menyendiri atau pemurung, sering sakit-sakitan, kondisi badan menjadi lebih lemah.

Gejala Emosi
Dari segi emosi bisa di tandai dengan mudah marah atau cepat tersinggung, merasa tidak berharga, tidak ingin bergaul atau bersosialisasi dengan lingkungannya, dan yang paling parah adalah mencoba bunuh diri karena sudah merasa tidak ada gunanya hidup didunia.

Gejala Perilaku
Dari ciri perlaku, penderita serung merasa malu ketika bertemu dengan orang lain, sering menunjukkan rasa kesal atau marah dalam ranah rumah tangga, dan sering melakukan tindak kekerasan berupa pukulan atau dalam ucapan. 

Nah itu tadi ulasan mengenai gejala dari Post Power Syndrome, setelah gejala berikut ini ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko terkena penyakit ini. Berikut ulasannya.

Solusi Bagi Penderita Post Power Syndrome

Bagi seseorang yang sudah menandakan adanya gejala terkena Post Power Syndrome sebaiknya segera lakukan tindakan persuasif dengan memberikan kegiatan atau berupa nasehat. Terlebih jika penderita memiliki kegiatan aktualisasi diri yang baru akan sangat membantu dalam mengisi waktu. Selain itu dorongan moril dari lingkungan terdekat seperti keluarga dan kematangan emosi sangat berpengaruh spade terlewatinya fase Post Power Syndrome ini. Jika seseorang memiliki tingkat emosi lebih matang dan baik maka Ia bisa menerima kenyataan dan keberadaannya dengan baik. 

Dorongan dan dukungan dari orang-orang tercinta sangat membantu penderita dalam memahami dan mengerti tentang kondisi dirinya. Biasanya penderita akan mengeluhkan ketidakmampuannya dalam mencari nafkah, disinilah peran keluarga atau teman dam menyemangatinya. Usahakan dalam member motivasi dilakukan dalam nada pelan jangan membentak karena biasanya emosi dari penderita Post Power Syndrome tidak stabil dan bisa meledak kapan saja, itu akan memperburuk keadaan. 

Baca juga artikel kesehatan :
Itulah tadi beberapa pengertian, gejala, dan cara mengatasi penyakit Post Power Syndrome, siapa saja bisa terkena penyakit ini. Cara untuk menghindari masa susah pada saat usia tua adalah dengan gemar menabung, dan hidup sederhana.

Related posts:

No response yet for "Pengertian Post Power Syndrome, Gejala dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment